SINGGAH

singgah

Judul                             : Singgah

Penulis                         : Jia Effendie, Taufan Gio, Alvin Agastia, Yuska Vonita, Adelia Rosa, Dian Harigelita, Anggun Prameswari, Aditia Yudis, Bernard Batubara, Putra perdana, Artasya sudirman.

Penerbit                       : Gramedia Pustaka Utama

Terbit                           : Januari 2013

Tebal                           : 229 hlm

 

Karena hidup adalah persinggahan.

Kumpulan cerpen yang berisi tentang kisah pertemuan dan perpisahan. Sebagaimana judul, latarnya pun mengenai tempat-tempat persinggahan. Bandara, terminal, halte, pelabuhan, stasiun menjadi saksi betapa banyak kisah yang tertoreh.

Setengah perjalanan menuju pulau tujuan, gelombang mulai menghempas kapal. Makin lama, semakin liar ia. Tapi aku malah menikmati sensasi ini. Terombang-ambing. Kalut. Barangkali, seperti inilah hidup tanpamu. Aku harus membiasakan diri. (hlm 25)

Cerita tentang seorang lelaki yang kehilangan perempuannya yang senang sekali ke pulau. Kali ini, dermaga tidak hanya memisahkan mereka untuk beberapa hari kedepan melainkan memisahkan mereka untuk selamanya.

Kau tidak tahu ke mana harus pulang Arum? Ia bertanya dalam hati. Tentu saja ke rumah. Buka tasmu dan ambil KTP. Masa kau tidak hapal alamat rumahmu sendiri? (hlm 124)

Mungkin hatinya sudah hilang, entah kemana. Orang bilang, air mata adalah cara hati berbicara. Tentu saja, jika hati tidak ada, bagaimana ia bisa menangis? (hlm 128)

Seseorang perempuan yang dipaksa menikah oleh orang tuanya bahkan sebelum lulus sekolah, membunuh mimpi-mimpinya. Perempuan yang sama sekali tidak menganggap rumahnya sebagai benar-benar tempatnya pulang dan menemukan bahagia.

Beberapa cerita yang membuat kita tersadar, mungkin kita memang hanya tempat singgah karena kembali padaNya adalah benar-benar pulang dan menetap

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s