Akar (Supernova)

scan0001

 

 

Penulis : Dewi Lestari

Penyunting : Dhewiberta

Perancang sampul : Fahmi Ilmansyah

Simbol sampul : Reza Gunawan

Tebal : 256 hlm

Penerbit Bentang Pustaka

 

Kita memang tak pernah tahu apa yang dirindukan sampai sesuatu itu tiba di depan mata. Kita tak pernah menyadari ketidaklengkapan hingga bersua dengan kepingan diri yang tersesat dalam ruang-waktu.

Kehilangan seseorang yang kita cinta memang tidak pernanh gampang.

Semuanya berawal dari kehilangan dan mulailah sebuah pencaharian. Diawal bab ini saya menemukan Gio yang kehilangan Diva dan memulai pencahariaannya, namun selesai sampai disitu saja di bab-bab selanjutnya saya tidak menemukan kemunculan tokoh tersebut dan saya tidak mengerti kenapa mereka muncul di bab awal. Bodhi yang kemudian keluar dari wihara dan memulai pencahariannya.

Saya sangat menikmati ketegangan yang saya rasakan ketika membaca karya Dee yang satu ini, ikut merasakan penderitaan Bodhi yang berpindah-pindah tanpa adanya biaya hidup. Ikut terhanyut ketika satu-satunya sahabat dekatnya akhirnya meninggal di hadapannya. Tetapi jujur, inti dari cerita Akar ini sendiri sama sekali tidak saya pahami, terlebih lagi kenapa bisa sampai judul buku ini AKAR.

Mungkin inilah inti setiap cerita di serial Supernova Dee, membuat kita terus mencari dan menemukan makna itu sendiri, sperti tokoh-tokohnya yang selalu ia ceritakan sedang melakukan sebuah perjalanan, sebuah pencarian dan membiarkan pembaca menenbak dengan pikirannya sendiri.

Leave a Reply

