M A T I L D A

Matilda1

MATILDA

By Roald Dahl

Text copyright © 1988 by Roald Dahl

Illustration copyright © 1988 by Quentin Blake

MATILDA

Alih Bahasa : Agus Setiadi

Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama

Cetakan kedua : Maret 1993

264 hlm; 21 cm

Matilda sangat jenius. Kecuali itu, dia juga amat perasa. Tapi Mr. Dan Mrs. Wormwood memperlakukannya seolah-olah ia seeokor kutu yang menjijikkan dan bukannya putri mereka sendiri.

Bahkan sebelum mencapai usia lima tahun, Matilda telah membaca karya-karya pengarang terkenal Charles Dickens, Ernest Hemingway, Rudyard Kipling, dan Jhon Steinbeck. Meskipun demikian, orang tuanya tetap menganggapnya sebagai “kutu menjengkelkan” yang mengurangi kenyamanan hidup mereka. Akhirnya Matilda meutuskan untuk mengurus dirinya sendiri. Ayahnya seorang salesman mobil bekas yang gemar berpakaian norak, dan ibunya, wanita pemalas yang rambutnya dicat pirang platina-bukanlah tandingan Matilda yang sangat jenius. Dan ketika dia di “serang” oleh sang Trunchbull, kepala sekolah yang kejamnyadiluar batas akal sehat, anak kecil itu menyadari bahwa ternyata dirinya mempunyai kekuatan supernatural yang kemudian digunakannya untuk menyelamatkan sekolahnya dan tentunya guru kesayangannya, Miss Honey.

Saya megincar-incar novel satu ini, sampai-sampai saya mendapatkannya di sebuah jual beli online dalam keadaan bekas. Tapi tidak mengapa, mendapatkan buku yang dicari-cari itu sungguh bahagia tiada tara.

Membaca novel ini, seperti membawa saya ke kehidupan saya semaca kecil. Bedanya, Matilda belajar membaca sendiri sedang orang tuanya menentangnya, sedangkan saya di ajar habis-habisan, hehe. Saya sudah pintar membaca sebelum masuk TK, dan ini membuat saya kagum juga kepada Matilda. Di umurnya yang lima tahun, dia sudah membaca buku-buku keren yang bahkan penulisnya baru kuketahui setelah besar.

Image

Novel ini membuka pikiran kita kembali, bahwa diluar sana, bisa saja ada juga orangtua seperti orangtua Matilda yang malah lebih senang bersenag-senang dibanding belajar dan membaca.

“Apa kurangnya televisi? Kita kan sudah punya televisi yang bagus, berukuran duabelas inci, sekarang kau minta buku lagi. Kau ini mulai manja!” – Mr. Worwood (Ayah Matilda)

Saya sangat geram membaca perkataan Ayah Matilda itu. Semoga tidak ada orangtua sekarang ini yang berpikiran seperti itu.

“Kamu tidak suka membaca buku, kita tidak bias mencari nafkah dengan cara duduk bermalas-malasdan membaca buku-buku cerita.” – Mr. Wormwood

Kata-kata Ayah Matilda ini bisa mengandung dua makna dan pelajaran menurutku, pertama karena pikiran beliau memang terlalu sempit tentang dunia membaca dan buku dan kedua adalah memang benar juga kalau kita hanya terus duduk membaca dan tidak mengambil pelajaran dari apa yang kita baca atau malah tidak bekerja sama sekali. Tuan Roald Dahl memang pandai menulis.

Tapi yang tidak bisa dicontoh oleh anak-anak dalam buku ini sendiri adalah kejahilan Matilda kepada orangtuanya. Juga tindakan kepala sekolahnya yang membuat para murid tidak betah untuk ke sekolah. Selebihnya buku ini sangat menghibur karena lucu.

Image

Dan ini perkataan Matilda yang menurutku tidak biasanya dikeluarkan dari mulut anak sekecil dia, sewaktu guru Matilda menyuruhnya menjumlahkan perkalian dan dia menjawab dengan cepat dan benar.

“Saya Cuma memasukkan bilangan dalam ingatan saya, lalu saya kalikan. Saya tidak tahu bagaimana menjelaskannya dengan cara lain. Saya selalu mengatakan pada diri saya sendiri, jika kalkulator yang kecil saja bias, kenapa saya tidak bias? Menurut saya, otak kita jauh lebih hebat daripada sekeping logam, kalkulatir sebenarnya kan Cuma logam biasa saja.” – Matilda

Novel ini sendiri masuk kedalam daftar 10 cerita anak yang wajib di baca oleh orang dewasa. Daftarnya bias dilihat disini

Dan, memang benar, novel ini pantas untuk dibaca oleh semua kalangan. Sebagai hiburan dan juga pembelajaran.

Oh iyah dari sekian cover Matilda, saya lebih suka yang satu ini

Matilda5

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s