Norwegian Wood

Cover Buku Norwegian Wood

Norwegian Wood

Haruki Murakami

Hak terjemahan Indonesia pada KPG (Kepustakaan Populer Gramedia) diperoleh melalui THE SAKAI AGENCY

Cetakan kelima, Nopember 2009

Judul Asli

Noruwei no Mori

©Haruki Murakaami, 1987

Diterbitkan pertama kali oleh KODANSHA LTD., Tokyo

Penerjemah : Jonjon Johana

Penyunting : Yul Hamiyati

Perancang sampul : Rully Susanto

Penata letak : Wendie Artswenda

550 hlm; 11,5 cm x 19 cm

Ketika ia mendengar Norwegian Wood karya Beatles, Toru Watanabe terkenang akan Naoko, gadis cinta pertamanya, yang kebetulan juga kekasih mendiang sahabat karibnya, Kizuki. Serta merta ia merasa terlempar ke masa-masa kuliah di Tokyo, hamper 20 tahun silam, terhanyut dalam dunia pertemanan yang serba pelik, seks bebas, nafsu-nafsi, dan rasa hampa-hingga kemasa seseorang gadis badung, Midori, memasuki kehidupannya, sehingga ia harus memilih antara masa depan dan masa silam.

 

                Saya patut menghela napas panjang ketika meyelesaikan buku ini, pasalnya konflik dan latar kehidupannya sungguh tidak biasa bagi seorang gadis (yang masih) muda seperti saya yang tinggal di Indonesia. Tanpa perlu saya jelaskan, sudah begitu banyak yang mengenal gaya tulisan Haruki Murakami sebagaimana layaknya.

Isi novel ini sebenarnya ketika kita melihat dari sudut padang tema yang biasa saja adalah kisah cinta remaja, kisah cinta yang bisa dibilang mengandung cinta segitiga. Tetapi nyatanya kisah cinta remaja yang begitu pelik. Cinta segitiga yang tidak ada didalamnya kecemburuan sama sekalipun. Tokoh utamanya adalah awal mulanya anak SMA yang berusia 17 tahun, dan akhir kisah menginjak 21 tahun, tetapi diceritakan mengalami masalalah dan keadaan yang tidaklah mudah. Mungkin kehidupan remaja diluar negeri dan di negeri sendiri memang sangatlah jauh perbedaannya.

Watanabe yang selaku pelaku utama sudah berhubungan badan degan kekasihnya, sahabatnya yang bernama Kizuki memilih untuk bunuh diri diusianya yang ke 17 tahun, dan awal mula konflik bermula dari situ. Selama membaca bku ini saya disuguhkan oleh adegan bunuh diri yang dialami oleh remaja-remaja dan hubungan seks, sungguh sangat biasa dikalangan mereka. Naoko yang juga sahabat Watanabe yang merupakan kekasih Kizuki mengalami frustasi dan dianggap mengindap penyakit kejiwaan, itu setelah Kizuki meninggal. Watanabe yang hampir menemaninya selalu berangsur-angsur mencintainya dan terus menunggu kesembuhannya. Disela-sela menunggu itu muncullah Midori dalam kehidupannya, awalnya Midorilah yang mendekatinya, Midorilah yang jatuh cinta kepadanya. Tetapi Watanabe tetap menunggu Naoko sampai akhirnya gadis itu memilih jalan untuk menhabisi nyawanya sendiri.

Kematian bukan lawan dari kehidupan, tetapi ada sebagai bagiannya.

Dengan membaca Norwegian Wood ini saya sedikit mengetahui dan ada bayangan tentang kehidupan remaja di negara yang berlatar buku ini, Jepang. Saya tidak habis pikir apa yang membuat mereka dengan gampangnya memendekkan umur mereka, juga diusia belasan tahun bebas tidur dengan siapa saja yang disukainya, baik laki-laki maupun perempuan. Tetapi saya juga salut (kalau seandainya memang demikian adanya kehidupan remaja disana) mereka sangatlah mandiri, mencari pekerjaan dan hidup sendiri. Kalau di kira-kira kemandiriannya bisa disetarakan dengan umur 27an keatas di negeri ini.

Tetapi buku ini sukses membuat saya tidak ingin berhenti membacanya. Gaya tulisannya ringan dan mudah dipahami, walau terkesan vulgar tetapi tidak porno. Ini adalah karya Haruki Murakami yang pertama saya baca, saya memutuskan untuk membaca karya-karyanya yang lain.

Cover yang ini lucu ^^

norwegian_wood___book_cover_redesign_by_hewpify-d5e816k

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s