Not Just A Witch

5165WA3J0XL

Not Just A Witch

By Eva Ibbotson

Copyright © Eva Ibbotson 1989

Illustrations by Kevin Hawkes

Copyright © 2003 by Kevin Hawkes

All rights reserved

Bukan Sembarang Penyihir

Alih bahasa: Indah S. Pratidina

Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama

224 hlm; 20 cm

“Tapi tak ada yang terasa benar-benar mengasyikkan kalau kau kesepian, bahkan tidak juga berbuat baik.”

Heckie seorang penyihir hewan yang baik, karena dia berniat untuk menciptakan dunia yang damai tanpa ada orang-orang jahat di dalamnya dan Dora penyihir batu yang baik pula dan punya visi dan misi yang sama dengan Heckie. Persahabatan mereka yang bertahun-tahun tiba-tiba saja hancur dikarenakan topi yang mereka pakai saat pesta perpisahan mirip! Topi yang berhiaskan ular-ular. Diantara mereka saling menuduh mencontek, dan mereka bermusuhan. Perkara sepele menurutku, dan tentu saja ini urusan penting jika berurusan dengan cewek. Adalah memalukan memakai pakaian yang sama dengan orang lain di pesta besar.

ImageTapi, niat mereka untuk membuat dunia damai tidak terhenti dengan permusuhan mereka. Mereka hidup masing-masing dan berbuat baik sesuai keahlian sihir mereka. Heckie menyihir orang-orang yang jahat menjadi hewan apa saja dan membawanya ke kebun binatang untuk dirawat. Sementara Dora, dia menyihir orang-orang jahat menjadi batu. Coba kalian bayangkan, betapa damainya dunia kalau orang-orang dengan sangat mudah dimusnahkan dengan cara ini. Haha.

Ada Daniel dan Sumi yang ahirnya membantu Heckie dalam menjalankan misinya. Anak-anak yang baik. Daniel sendiri setelah mengenal Heckie lebih sering berada di rumah Heckie disbanding di rumahnya sendiri yang sunyi. Dia adalah anak yang kekurangan kasih sayang akibat keduaorang tua yang sangat sibuk.

Image

Heckie, Daniel, Dora dan topi ular mereka

Tokoh-tokoh didalam buku ini juga lucu, ada juga ternyata Miss Penyihir, penyihir ini terkenal karena sering berdandan pakaiannya selalu glamour. Ada penyihir yang bisa membuat keju-keju berlompatan. Dan di akhir cerita ada ketika adegan menangkap penjahat, penyihir-penyihir itu menaiki balon udara yang tidak menggunakan bahan bakar gas, melainkan polusi-polusi dalam bentuk pidato-pidato tidak penting yang diutarakan Menteri-menteri yang hanya sebatas omong kosong. Oh, seandainya ini bisa diterapkan, betapa tidak perlunya kita mengantri di pertamina dan kelabakan ketika bahan bakar minyak habis!

Sampai suatu hari Heckie bertemu dengan Mr. Knacksap dan jatuh cinta. Dia tidak mengetahui bahwa Mr. Knacksap adalah orang jahat yang berupaya mengelabuinya dengan gombalan-gombalan. Tanpa disangka Mr. Knacksap juga mengencani Dora. Diantara mereka tidak ada yang tahu bahwa selama ini mereka sama-sama saling merindukan. Bagaimanapun, persahabatan yang kental dan sudah terjalin lama, tidak akan mudah putus begitu saja.

Image

Ilustrasi Mr. Knacksap. Cengirannya sudah terlihat kalau dia licik

Buku ini seperti buku untuk anak-anak lainnya, selalu terselip pesan moral didalamnya. Tentang persahabatan, tentang ikatan antara anak dan orang tua, pun tentang percintaan. Gaya bahasanya juga ringan sehingga enak dibaca. Cuma ada satu yang saya pribadi tidak sukai, mungkin mengatasnamakan orang-orang yang punya fobia seperti saya. Didalamnya ada menceritakan tentang hewan melata beberapa kali, dan itu membuat saya terganggu L tapi, selebihnya bagus!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s