Eclair (Pagi Terakhir di Rusia)

Image

Éclair

Prisca Primasari

Editor: Kinanti Atmarandy

Proofreader: Christian Simamora, Resita Wahyu Febiratri

Penata Letak: Dian Novitasari

Desain Sampul: Jeffri Fernando

Penerbit GagasMedia

Cetakan kedua, 2011

236 hlm; 13×19 cm

 

Lima orang sahabat yang akhirnya saling terpecah bela karena sesuatu hal. Sebuah kesalah pahaman yang selalu saja dibenarkan ketika diakhir, semacam penyesalan. Bagaimana Katya, satu-satunya cewek diantara kelima sahabat itu yang bertekad untuk menyatukan kembali persahabatannya diminggu-minggu menjelang pernikahannya dengan Sergei, salah satu dari keempat cowok sahabatnya, juga didetik-detik berpulangnya Stepanych kepangkuan Tuhan karena sakit.

Novel berlatar Rusia dan Prancis ini sukses membuat saya menitikkan air mata. Kisah persahabatan dan persaudaraan didalamnya sangatlah kental. Sinopsisnya sama sekali tidak menunjukkan jalan cerita didalamnya. Awalnya saya mengira novel ini seutuhnya tentang asmara yang mellow. Perkiraan saya tidak melenceng, cuma bukan hanya itu. Novel ini juga bisa terbilang novel detektif, banyak kasus-kasus yang telah dipecahkan oleh Katya. Isinya juga membahas tentang penulis-penuli dan pelukis ternama. Jadi tambah suka dengan buku ini.  Ada juga sejarah tentang Rusia.

Menurut saya, novel ini recomendedlah untuk dibaca. Dan setelah membacanya, saya jadi ingin memakan kue Éclair. Kue yang menjadi objek utama novel ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s