Secret Santa – To Kill A Mockingbird

Image

 

 

Sebelumnya saya berterima kasih kepada Secret Santa yang sudah memberikan hadiah akhir tahun ini ^^

Image

To Kill A Mockingbird

Karya Harper Lee

Penerjemah: Femmy Syahrani

Penyunting: Berliani Mantili Nugrahani

Proofreader: Emi Kusmiati

Copyright © 1960 by Harper Lee

All rights reserved

Cetakan I, Maret 2006

Penerbit Qanita PT Mizan Pustaka

568 hlm; 17,5 cm

Kehidupan Scout dan Jem Finch berubah total saat ayah mereka menjadi pembela seorang pemuda kulit hitam. Saat Atticus Finch membela seseorang yang dianggap sampah masyarakat, kecaman pun datang dari seluruh penjuru kota. Di tengah terpaan masalah yang menimpa keluarganya, si kecil Scout belajar bahwa kehidupan tidak melulu hitam dan putih. Bahwa prasangka seringkali membutakan manusia. Dan bahwa keadilan tidak selalu bisa ditegakkan.

 

Kau tidak akan pernah bisa memahami seseorang hingga kau melihat segala sesuatu dari sudutpandangnya… hingga kau menyususp ke balik kulitnya dan menjalani hidup dengan caranya.

Scout dan Jem tumbuh menjadi dewasa dengan keadaan sulit. Setiap mereka berjalan, yang ada hanya di bully oleh tetangga-tetangganya sendiri, dari anak kecil yang merupakan teman sekolah mereka sampai yang rambutnya sudah beruban. Hanya karena ayahnya yang seorang pengacara akan membela seorang bangsa kulit hitam di pengadilan. Betapa saat itu bangsa kulit hitam sangat tidak disukai dikalangan bangsa kulit putih. Sebaik apapun bangsa kulit hitam tersebut.

Sebelum aku mampu hidup bersama orang lain, aku harus hidup dengan diriku sendiri. Satu hal yang tidak tunduk pada mayoritas adalah nurani seseorang  (hlm 211)

Persidangan selesai, walau dengan bukti yang cukup bahwa si kulit hitam tidak bersalah, dia tetap disalahkan, sehingga dia memilih untuk bunuh diri. Tidak sampai disitu, keluarga Jem dan Scout terus diancam. Jem pernah hampir di bunuh.

Hanya karena kita telah tertindas selama seratus tahun sebelum kita mulai melawan, bukanlah alas an bagi kita untuk tidak berusaha menang (hlm 152)

Disini, penulis secara tidak langsung memberikan satu contoh melalui satu tokoh yang memilih menghabiskan hidupnya di dalam rumahnya daripada bergaul dengan tetangga-tetangganya yang hidup dengan membanding-bandingkan warna kulit. Scout dan Jem dulu selalu penasaran kenapa pemilik rumah tidak pernah keluar, belakangn mereka ketahui bahwa dia memang memilih jalan tersebut demi kebaikan dan ketenangannya.

Hanya satu jenis manusia: Manusia.

Novel klasik ini merupakan salah satu novel terbaik sepanjang masa versi Time Magazine.20131220-092804 Nah, ini yang ditunggu-tunggu. Menebak siapa Secret Santa dan sepertinya saya tidak perlu ragu lagi untuk menobatkan mbak Thifa sebagai pelakunya. Tidak susah menebak siapa Secret Santaku dengan melihat Riddle-nya di sini 

Sekali lagi terima kasih kepada mbak Thifa yang sudah menjadi Secret Santa yang baik sekali. Semoga tahun depan bisa ikut lagi dan (tetap) berharap dapat Secret Santa yang baik ^^

Salam,

Dhani

Advertisements

20 thoughts on “Secret Santa – To Kill A Mockingbird

  1. renpuspita says:

    Wah iya, riddlenya jelas banget. Berarti Thifa bukan Santaku *coret 1 orang :P*
    Itu kavernya memang bagus, dulu aku beliin temenku yang edisi Gold Edition, masih lebih bagusan kaver yang diatas

  2. Lathifah Thifa says:

    huahahaha…. aku mengaku… aku mengaku… XD. aku memang sengaja ngasih Riddle yang mudah ditebak. soalnya… kalau target ku temen deket ku sih pasti aku bikin susah tuh riddle nya. karna aku baru kenal sama Dhani, jadi aku permudah aja, biar gampang ditebak XD. dan alasan kenapa aku beli 2 buku. karna waktu beli The Hobbit, kok kemurahan ya kalo cuman 50 an doang harganya, sedangkan ada beberapa member lain yang dapet kado 100rb an lebih. jadi aku tambahin sama buku ini. karna kebetulan aku nemu buku yang diskonan di stand nya Mizan XD

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s