Namaku Hiroko

Image

Namaku Hiroko
Oleh Nh. Dini
All rights reserved
Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama
Cetakan kesembilan: Mei 2009
247 hlm

Ini buku pertama dari oma Nh. Dini yang saya baca. Kalau saja beliau memakai nama pena bergaya barat atau penulis asing, tentu aya akan mengira beliau adalah penulis asing. Cara dia menuturkan dan menulis cerita seperti penulis luar. Isi novel ini seperti novel yang sudah diterjemahkan dengan sangat baik.

Novel ini menceritakan tentang wanita Jepang yang bernama Hiroko. Hiroko adalah perempuan desa yang mencoba mangadu nasib ke kota. Pada umumnya, kehidupan desa sangat berbeda dengan kota, untuk bertahan hidup, bagaimana kita menyesuaikan diri dengan lingkungan dan bergaul dengan siapa.

Begitulah yang dialami Hiroko, dia memulai kehidupannya di kota sebagai pembantu rumah tangga sampai kemudian dia menjadi ornag yang penting di tempatnya bekerja. Seperti perempuan pada umumnya yang mulai beranjak dewasa, Hiroko diliputi rasa penasaran yang amat tinggi. Semua hal ingin dia ketahui rasanya, seperti jatuh cinta misalnya, sampai kepada menjadi penari telanjang.

Novel ini bisa dikatakan biografi singkat tentang seseorang tokoh fiksi yang bernama Hiroko. Tidak ada konflik yang terlalu serius dceritakan di dalamnya. Hanya saja keahlian oma Nh. Dini dalam menuliskannya membuat saya senang membacanya. Ingin terus tahu apa yang terjadi pada kehidupan Hiroko selanjutnya.

Kehidupan Hiroko tidak selamanya menyenagkan, banyak juga kendalanya. Tapi, seperti cerita pada umumnya, kisanya berhenti disaat dimana dia sudah merasa cukup puas atas apa yan dimilikinya. Sebagai pembaca, menerka-nerka apa yang terjadi selanjutnya itu sudah urusan imajinasi mereka, hehe.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s