Romeo Juliet

Image

Romeo Juliet
The Tragedy of Romeo and Juliet
Penulis: William Shakespeare
Alih bahasa: Manda Milawati A
Penyadur: Musthofa W. Hasyim dan Sholeh UG
Pewajah Sampul: Zaeni Yusuf
Pewajah Isi: F. UlyaHilmawan
Penerbit: Navila
Xii+184 halaman
Cetakan I, 2010

“Bagaimana caranya engkau bisa pergi dari tempat ini?” Bisik Juliet.
“Cinta akan menunjukkan jalan, seperti mereka menunjukkan jalan untuk menemuimu,“ kata Romeo.

Kira-kira, siapa yah yang tidak mengenal kisah yang sudah melegenda ini?
Sejak kecil saya sudah tahu ada kisah yang berjudul Romeo dan Juliet, tapi baru kali ini saya benar-benar membaca kisahnya. Saya membacanya sambil mengangguk-angguk, “Ohh, begini ceritanya,” sambil mengingat-ingat celotehan orang mengenai pendapatnya sendiri tentang kisah ini.

Bagi kamu yang tengah patah hati, pilihan yang cocok adalah membaca buku ini kemudian seolah-olah kamulah yang menjadi Julietnya dan kamu akan (merasa) jatuh cinta kembali, haha. Bahasa khas zaman dulu, mendayu-dayu tetapi tetap manis. Ahh…..
Mengenai cerita ini sendiri, karena saya baru membaca dengan mata sendiri, saya baru tahu kalau ternyata Romeo dan Juliet sudah menikah secara sembunyi=sembunyi sebelum mereka dilarang untuk bertemu. Mereka menikah dibawah tangan seorang pendeta, yang saya tidak setuju dengan cerita ini adalah mengapa seorang pendeta bersedia dengan baiknya menikahkan mereka tanpa persetujuan orang tua? Ahh…..

Betapa bodohnya engkau apabila takut terhadap sesuatu yang memang tidak bisa kau hindari, hingga kemudian engkau memilih menghindar dan tiak menikmati kehidupan. Berilah ruang pada takdir, dan jangan engkau salahkan, kendalikanlah ia seduai dengan wkatu yang telah ditentukan (hlm 104)

Kalimat ini menampar sekali. Betul, lakukan apa yang ingin kau lakukan dan janganlah menghindar. Romeo dan Juliet, karena mereka sangat menginginkan satu sama lain, walau ada yang menentang, mereka menjalani takdir mereka yang saling mencintai meski dibenci oleh banyak orang. Kalau mereka berhenti, mereka tidak akan merasakan secuilpun kebahagiaan dan tidak ada yang tahu sejauh mana perasaan satu sama lain.

Dan ah, masih ada tidak yah ramuan seperti yang diminum Juliet? Haha.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s