Eleanor & Park – Tebak Secret Santa

1471991_600229040045036_1633147469_n

ELEANOR & PARK

Karya: Rainbow Rowell

Copyright© 2013, Eleanor & Park

All rights reserved

Ufuk Publishing House

Penerjemah: Sofi Damayanti

Cetakan I: November 2013

422 hlm

Diterbitkan oleh Phoenix Publishing Project

Eleanor itu gendut.

Dirinya pun berpikir dia begitu.

Sebenarnya dia tidak segendut yang dipikirkannya

Pikirnya, pasti aku tidak semenjijikkan itu.

Bono, vokalis U2, bertemu dengan istrinya di SMA,kata Park.

Begitupula Jerry Lee Lewis, jawab Eleanor.

Aku tidak bercanda, Park meyakinkan.

Tentu, Eleanor menambahkan, kita ini 16 Tahun.

Bagaimana dengan Romeo dan Juliet?

Dangkal, bingung, lalu mati.

Aku mencintaimu, Park mengatakan.

Karena itulah, jawab Eleanor.

Aku tidak bercanda, katanya.

Kamu memang tidak boleh bercanda.

Dia bertanya-tanya, seberapa besar peluangnya untuk bisa bertemu dengan seseorang seperti itu. Seseorang yang bisa dicintai selamanya, sesorang yang juga akan mencintai kita selamanya? Dan apa yang akan kita lakukan jika orang tersebut dilahirkan di belahan bumi yang lain? (hlm 392)

Eleanor. Gadis urakan, tidak stylish, gendut dan berambut merah. Memiliki ayah tiri yang suka mabuk-mabukan dan berjudi, ibu yang tidak bisa berbuat banyak dan adik-adik yang masih kecil. Itulah mengapa dia dijadikan bahan olok-olokan di sekolahnya, bahkan di bus menuju sekolah. Hidupnya jauh dari kata bahagia setelah ibunya menikah dengan laki-laki yang kini menjadi ayah tirinya. Sampai dia bertemu dengan Park.

Park. Laki-laki yang jago taekwondo, hidupnya tiba-tiba berubah setelah bertemu dengan Eleanor.

Berawal dari dipersilahkannya Eleanor duduk di samping Park di dalam bus menuju sekolah. Gara-gara Eleanor, Park juga ikut-ikutan dibully. Setiap hari duduk berseblahan membuat mereka jadi dekat, mulai dari saling member rekaman lagu-lagu kesukaan sampai buku dan komik. Awal kedekatan mereka malah membuat hidup Eleanor menjadi semakin sulit. Olok-olokan temannya semakin menjadi-jadi, belum lagi ayah tirinya tidak suka dia mempunyai teman dekat. Dan oh, ibu Park yang mempunyai salon kecantikan tentu tidak menyukai penampilannya. Tapi Park menunjukkan ketulusannya kepada Eleanor membuat Eleanor merasa nyaman dan diterima.

Label The New York Times Bestseller & Buku Fiksi Terbik Boston Globe Book Award 2013 membuat saya penasaran membaca buku ini. Tapi entahlah, penasaran tapi setiap ke toko buku dan melihatnya saya tidak pernah sampai hati ingin membeli. Nah loh, labil! Maka dari itu saya memasukkan buku ini ke wishlist saya untuk event Secret Santa Desember lalu. Dan taraaaaaaa….. thanks for Santa sudah memilih buku ini untuk dihadiahkan ke saya dan membunuh rasa penasaran saya.

Well, walau terjemahannya membuat saya sedikit bingung, buku ini membuat saya senyum-senyum sendiri. Tahu lah, kisa cinta anak SMA memang selalu cute, hihi. Gadis gendut yang menjadi bahan olok-olokan saja ada yang begitu mencintainya. Kita harus belajar satu hal dari sini, kita harus tetap menjadi diri sendiri karena bagaimana pun dirimu, akan ada yang benar-benar tulus menyayangimu.

Saya suka di bagian ini,

“Aku tidak menyukaimu,” jelasnya. “Aku membutuhkanmu.” (dialog Park ke Eleanor) (hlm 141)

“Aku tidak menyukaimu Park,” katanya, menyuarakan untuk kali keduanya seakan dia sungguh-sungguh dengan ucapannya. “Aku kira…” – suaranya hampir menghilang – “Aku hidup untukmu.” (hlm 143)

Ah, saya terenyuh. Untuk kisah cinta seumuran anak SMA, mereka berani sekali. Hahahaha

Eleanor benar. Dia tidak pernah terlihat cantik. Dia terlihat seperti seni, dan seni tidak harus terlihat cantik, melainkan membuatmu merasakan sesuatu. – Park (hlm 211)

Dan penutup yang manis.

“Aku hanya tidak bisa percaya bahwa hidup telah member kepada kita satu sama lain dan kemudian mengambilnya kembali.”

“Tapi itu semua tergantung pada kita, apakah kita tidak ingin kehilangan hal ini.” (hlm 396)

Banner_BacaBareng2015-300x187

Nah, it’s time to tebak Secret Santa \o/

SecretSanta2014

Dengan berbekal riddle yang bisa dilihat di sini, saya menyimpulkan kalau My Secret Santa is ………

A L T H E S I A     S I L V I A

Kenapa?

Karena ketika melakukan pencarian (tsaaaelah) saya menemukan satu kata kunci pada postingan Wishlist Secret Santa mbak Althesia yang kata-katanya mirip dengan yang tertulis di riddle, yaitu:

Time flies super fast

2015-01-30 09.49.0720141226_205547-1

Hati nurani saya langsung terketuk, oh inilah Santa saya yang baik hati.

Cek lagi, cek lagi, cek lagi.

  • Hadiah Postcard Universal Studios Singapore yang diberikan mbak Althesia juga memberikan sedikit petunjuk, maka saya ubek-ubek fotonya di facebook ^^v dan uyeey, mbak ini memang dari berlibur ke Singapura.
  • Saya ubek-ubek lagi blognya, saya harus mencari apakah dia sudah membaca Gone With The Wind seperti yang dicurhatkannya di riddle. Yes, dia sudah membacanya dan isinya dia membahas tentang Rhett dan Melanie persis di kartu riddle. *saya mulai semangat

20141226_205637-12015-01-30 09.55.05

  • Dan terakhir katanya tempat tinggalnya tidak jauh dari tempat saya. Berarti masih lingkup Sulawesi atau dekat dengan Sulawesi. Dan… mbak Altheisanya berasal dari Manado. Emmm berarti bukan mbak dong yaah /o\

Bagaimana, bagaimana, tebakan saya sudah benar?

Terima kasih kak Althesia kadonya. Kalau ke Makassar jangan lupa kabari saya ^^

17 thoughts on “Eleanor & Park – Tebak Secret Santa

  1. Althesia says:

    hi dhani…aku dataaang…maap ya membuatmu menunggu lama. Senang bisa jadi santamu di SS kali ini..senang juga kamu suka hadiahnya, walaupun wktu ngirim aku deg2an bgt krna lama baru smpe hahaha…aq takut kalo nyasar padahal kamu udh nunggu2in kado santa..maap ya last minute bru kamu trima kado. Btw nanti kalo aq jalan2 ke makasar, I let you know ya…keep reading and writing 🙂 *big hug*

Leave a Reply

