Gelombang – Abang Alfa, come to my dream!

20150323_123926

SUPERNOVA

GELOMBANG

Karya Dee Lestari

Penyunting: Ika Yuliana Kurniasih

Pemeriksa Aksara: Fitriana & Rani

Diterbitkan oleh Penerbit Bentang

PT Bentang Pustaka

X + 482 hlm; 20 cm

Sebuah upacara gondang mengubah segalanya bagi Alfa. Makhluk misterius yang disebut Si Jaga Portibi tiba-tiba muncul menghantuinya. Orang-orang sakti berebut menginginkan Alfa menjadi murid mereka. Dan, yang paling mengerikan dari itu semua adalah setiap tidurnya menjadi pertaruhan nyawa. Sesuatu menunggu Alfa di alam mimpi.

Perantauan Alfa jauh membawanya hingga ke Amerika Serikat. Ia berjuang sebagai imigran gelap yang ingin mengubah nasib dan status. Pada suatu malam, kehadiran seseorang memicu Alfa untuk menghadapi ketakutan terbesarnya. Alam mimpinya ternyata menyimpan rahasia besar yang tidak pernah ia bayangkan. Di Lembah Yarlung, Tibet, jawaban mulai terkuak.

Sementara itu, pencaira Gio di Rio Tambopata menemui jalan buntu. Pada saat yang tak terduga, pria yang pernah menemuinya di Vallegrande kembali muncul. Pria itu mengarahkan Gio ke pencarian baru. Petunjuknya adalah empat batu bersimbol, merepresentasikan empat orang, dan Gio ternyata adalah salah seorang dari mereka.

Mungkin ini bukan review. Kalau menyangkut soal buku yang saya suka, penulis yang saya suka saya selalu kelaur dari jalur. Jadinya malah curhat. Hehehe.

20150323_123841

Saya selalu suka dengan puisi-puisi Mbak Dee disetiap pembuka. Baris terakhir, Membuatku putus asa dan mencinta pada saat yang sama, akan terjadi pada saya terhadap tokoh-tokoh yang diciptakan Mbak Dee. Putus asa, apakah ada seperti ini, duh so sweet, dan pikiran-pikiran pembaca yang mudah sekali jatuh cinta, kali ini pada tokoh yang cerdas dan selalu mau kerja keras. Seperti Ichon, Alfa Sagalaโ€ฆ..hahaha.

Sebelum beranjak ke petualangan Alfa, ada sedikit adegan.

Keping 43

Ternyata Gio masih terus mencari Diva. Dan Amaru menjelaskan di mana keberadaan Diva dengan menggunakan batu dan kain. Dan awal ini saya sudah mendapat pelajaran. Ini kenapa saya suka membaca karya Mbak Dee.

Ada banyak hal yang tidak tertangkap oleh mata kita. Bukan karena mereka tidak ada. Melainkan, kemampuan kitalah yang terbatas untuk melihatnya (hlm 13)

Ruang dan waktu menyimpan tipu daya bagi mereka yang matanya belum terbuka. Sabar saja. Nevoa da Meia-Noite. Mata anda akan terbuka tepat pada waktunya (hlm 17)

Keping 44

Mari berpetualang bersama Alfa Sagala alias Ichon yang punya saudara bernama Eten dan Uton. Saya kagum sama Bapaknya yang memberikan nama, Thomas Alfa Edison, Einsten, dan Isaac Newton. Tapi lidah Batak merubahnya menjadi Ichon, Eten dan Uton. Hahaha. Upacara Adat di kampungnya merubah hidup Alfa. Dia mulai merasakan mimpi-mimpi yang serasa ingin merenggut nyawanya. Mimpi yang membuat dia bertualang ke Amerika dan Tibet. Mimpi yang membuatnya lebih memaknai hidup, menemukan cinta. Alfa yang cerdas, pekerja keras, dan saya jatuh cinta (lagi) *tetap absurd.

Suatu saat nanti, kamu akan melihat ke belakang dan menyadari kalau peristiwa-peristiwa dalam hidupmu adalah remah roti yang sudah kamu susun sendiri sampai titik ini (hlm 399)

Saya membaca gelombang dengan p e l a n p e l a n. Teman saya sampai bertanya kenapa dan saya menjawab, saya tidak mau cepat-cepat berpisah dengan Abang Alfa Sagala. Hahaha.

Membaca Supernova tetap membuat saya bingung pada akhirnya (karena mungkin memang belum berakhir) tapi entahlah, saya selalu jatuh cinta terhadap tokohnya, selalunya merasa ikut berpetualang dan selalu menikmati ceritanya. Mungkin karena ini pencarian hidup. Banyak makna dan pelajaran yang bisa dipetik. Walau saya selalu bigung, saya tetap menunggu serial selanjutnya dan siap jatuh cinta lagi.

2 thoughts on “Gelombang – Abang Alfa, come to my dream!

  1. DJR says:

    Thomas Alfa Edison jd Ichon, Einsten jd Eten dan Isaac Newton jd Uton Hahaha, unik banget.

    bLm baca bukunya sih, tp kL Liat reviewnya (yg ktanya Lbh ke curhat) kyknya seru, krn petualangan yah,. ad petikan2 kalimat yg penuh makna..

    oh iya sdikit kritikan, perhtikn hal2 kecil sperti pengetikn kata yg sLah, ‘kelaur’, ‘bigung’
    overall kerreenn. Good Luck.
    Tks.

Leave a Reply

