Lima Sekawan: Melacak Jejak Rahasia

20150406_163014

Five On A Secret Tail

By Enid Blyton

Illustrations copyright © 1974 Hodder & Stoughton Limited

All rights reserved

Lima Sekawan: Melacak Jejak Rahasia

Alih bahasa: Agus Setiadi

Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama

Cetakan keenam: Juli 1984

196 hlm

Julian dan Dick bersembunyi di balik tembok cerobong, mendengarkan pembicaraan para penjahat. Jadi rupanya mereka mencari dokumen ilmiah. Jalan masuk ke tempat dokumen itu disembunyikan adalah sebuah lorong tersembunyi di balik lempeng batu.

Tapi lempeng batu yang mana?

Dan tugas Lima Sekawan bukan hanya mendapatkan dokumen itu, tapi juga membebaskan Guy, saudara kembar Harry, yang ditawan penjahat.

Berawal dari sakitnya telinga Timmy, si anjing cerdas dan ramah sehingga dia harus memakai kera kardus agar tidak dapat menggaruk bekas jahitannya. Timmy selalu ditertawakan dan diolok-olok oleh setiap orang yang melihatnya sehingga George murka dan melarikan diri ke hutan. Anne yang datang ikut serta berkemah. Banyak kejadian di hutan tersebut yang membuat kedua anak gadis itu memilih pulang.

Saat mengemasi barang, Julian dan Dick tiba-tiba muncul mencari mereka. Mereka berdua baru saja pulang liburan dari Perancis. Lima sekawan kali ini punya dua teman baru. Teman baru yang awalnya membuat mereka bingung dan kesal. Mereke seperti punya kepribadian ganda, karena setiap bertemu sikap mereka aneh di satu waktu. Ternyata mereka adalah anak kembar yang mereka temui secara terpisah.

Munculnya empat orang yang mencurigakan di area berkemah mereka awal mula dari petualangan lima sekawan ditambah dua anak dan satu ekor anjing, teman untuk Timmy.

Rasanya liburan tidak ingin cepat berakhir kalau punya petualangan seperti mereka. Dan lagi-lagi saya suka sekali akan persaudaraan dan pertemanan mereka. Mereka tidak pernah saling meninggalkan dalam bahaya, bahkan saling memarahi kalau ada kesalahan. Mereka kompak sekali. Kesukaan saya tetap Anne, gadis manja penakut tapi tetap tegar dan tidak mau menyerah. Lagian dia punya banyak pengawal. Hihihi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s