Lima Sekawan: Rahasia Logam Ajaib

limasekawanrahasialogamajaib_683

Five Get Into A fix

By Enid Blyton

Copyright © 1957, 1958 by Enid Blyton

Illustrations copyright © 1974 by Hodder & Stoughton Ltd

All right reserved

Lima Sekawan: Rahasia Logam Ajaib

Alih bahasa: Agus Setiadi

PT Gramedia Pustaka Utama

Cetakan ketiga: 1982

196 hlm

Malam itu Lima Sekawan terkejut karena bumi bergetar dan cahya berpendar-pendar kelaur dari arah bukit tempat menara seram berdiri.

Rupanya di perut bukit itu ada logam ajaib dan para penjahat sedang sibuk menambang logam itu untuk dibuat bom. Tentu saja Lima Sekawan tidak tinggal diam.

Liburan musim dingin telah tiba, sayang Julian, Dick, Anne dan sepupunya yang datang berlibur , George sedang terkena flu secara bersamaan, hanya Timmy yang tidak. Merekapun merasa menyesal menjadi lemah di musim liburan. Tidak ada yang dapat mereka kerjakan apabila sakit. Tapi sewaktu dokter datang memeriksa mereka lagi, mereka disarankan untuk pergi berlibur ke gunung untuk mendapatkan udara yang segar. Tukang kebun mereka mempunyai bibi yang punya penginapan di gunung. Dan kesanalah mereka pergi berlibur.

Mereka sempat kesasar menuju pegunungan itu dan menemukan rumah tua yang besar dan kelihatan seram, mereka juga mengalami kejadian aneh dengan mobil yang mereka tumpangi. Tapi setelah sampai di rumah Bu Jones – bibi dari tukang kebun mereka – mereka akhirnya tahu bahwa ada logam yang bersifat magetis yang menyebabkan mobil mereka sulit berjalan tadi.

Rumah tua yang seram, mobil mereka yang tiba-tiba berjalan lambat, menjadi teka-teki yang akhirnya membawa mereka dalam petualangan lagi. Mereka juga tidak hanya berlima lagi, mereka bertemu dengan Aily, anak kecil yang serig berkeliaran di gunung, morgan yang bersuara nyaring anak Bu Jones, dan pengembala, ayah Aily.

Jangan bilang kesulitan dong, Anne. Sebut petualangan, begitu! Memang, kemana saja kita pergi, selalu menjumpai petualangan. Ada orang yang begitu – petualangan datang sendiri, tanpa dicari! Dan kita termasuk orang semacam itu. Untung saja, jadi hidup ini tidak membosankan! – Dick

Hemm, benar saja. Hidup keempat anak dan seekor anjing ini tidak membosankan. Ada saja petualangan menarik yang mereka jumpai. Tentu saja dengan keberanian dan kecerdikan mereka, semua maslaah bisa teratasi dan petualangan mereka berakhir gembira.

Satu lagi yang saya sukai dari serial ini, anak-anak ini begitu lahap sekali makan tiap waktu. Jadi, setiap membaca serial ini, setiap itu pulalah saya merasa lapar. Hahaha.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s