Barcelona, Te Amo

index

Barcelona Te Amo

Penulis: Kireina Enno

Penyunting: Widyawati Oktavia

Proofreader: Rayina

Ilustrator Sampul dan Isi: Gama Mahendra

Penerbit Bukune

Cetakan I Februari 2013

226 hlm; 13×19 cm

Tadinya, musim panas selalu muram. Lalu, dia datang dengan senyumnya yang indah. Ketika waktu mendamba detik-detik yang hangat dari matanya

Entah bagaimana, hati Katya begitu dingin ketika menepis uluran tangan laki-laki itu. Kesepian pun menghantamnya. Sepanjang La Rambla, angin menepi. Sayap=sayapnya membawa Katya menari di antara pilar-pilar Gothic Quarter yang sunyi. Membangkitkan rindu kepadanya, seperti ombak kepada pantai yang menunggu.

Maka, di sinilah Katya berada kini. Menyambut genggaman tangannya. Di Place de Catalunya, tempat merpati bercengkrama. Ketika matahari menyinari Barcelona. Dia bagai musim panas yang begitu indah. “Te Amo,” pelan ucap Katya. Akankah dia dengar?

Ini benar-benar salah. Cinta tak seharusnya mengalahkan persahabatan, kan? Seharusnya keduanya bisa seiring sejalan. Cinta bukan sesuatu yang egois yang hanya melihat ke depan, dan tak mau menoleh ke belakang. Tak seharusnya membuat orang lain terabaikan. (hlm 188)

Katya, gadis kecil yang sudah kehilangan orangtuanya didopsi oleh pamannya sendiri dan harus hidup bersama sepupunya, Sandra. Sifat dan kebiasaan Sandra berbanding terbalik dengan Sandra. Katya yang sederhana, pintar di sekolah, pintar melukis sedangkan Sandra lebih dikenal dengan kecantikan dan kepopulerannya. Kepintaran Katya sangat diapresiasi oleh pamannya yaitu ayah Sandra, dan itu membuat Sandra selalu kesal dan menganggap Katya mengambil perhatian ayahnya. Katya juga selalu menjadi penolong Sandra jika dia ingin keluar malam, jika ingin hangout bareng teman gaulnya dulu sepulang sekolah.

Ada satu lagi penolong Sandra selain Katya, Evan. Evan adalah tetangga mereka yang sudah mereka kenal sejak kecil dan mereka bersahabat hingga kini. Evan yang pengertian dan penyabar serta selalu menjadi penolong membuat Sandra tidak hanya sekadar menganggapnya sebagai sahabat. Sandra menyukainya.

Sandra benar-benar terantung kepada Katya dan juga Evan. Sampai-sampai Katya harus selalu berbohong kepada pamannya. Evan juga sudah menasihati Katya untuk tidak memanjakan sepupunya itu. Tapi betapa capeknya mereka, mereka tidak pernah berhenti mencemaskan dan menolong Sandra.

Bagiku, cinta adalah sebuah penerimaan besar, bahkan ketika kita nggak bisa member lebih banyak lagi – Evan (161)

Sampai ada kejadian di suatu hari yang membuat kedua sepupu itu renggang dan Katya memilih untuk bersekolah di luar negeri sesuai rekomendasi pamannya. Katya memilih Barcelona, dan di sanalah kehidupan barunya dimulai. Dia bertemu dengan Luce yang akhirnya menjadi shabatanya. Katya baru kali ini memiliki sahabat. Berkuliah di jurusan yang menjadi passionnya dan bertemu dengan Senor Estefan yang mengajaknya ikut pameran. Selama bertemu dengan Senor Estefan kehidupan Katya menjadi lebih tidak biasa lagi.

Bukan berarti kehidupan Katya indah-indah saja. Bayang-bayang masa lalu kerap kali mengantuinya. Persahabatan dengan Sandra dan Evan jadi renggang. Sepupunya pun datang ke Barcelonamengacaukan kehidupannya lagi.

Apa yang sebenarnya terjadi dengan Katya, Sandra dan Evan?

Lalu bagaimana dengan persahabatan mereka selanjutnya?

Ada apa dengan Senor Estefan?

Baca deh bukunya. Saya suka dengan novel ini, kesan Barcelonanya dapat. Saya juga suka dengan konflik tentang persahabatan seperti ini, juga kisah cintanya. Suka juga dengan ilustrasi yang ada di dalamnya. Oh iyah, karena novel ini termasuk dalam Setiap Tempat Punya Cerita, ada hadiah postcardnya. Jadi tambah koleksi deh.

Saya kasih rating 4/5

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s