How To Cheat A Dragon’s Curse

latest

How To Cheat A Dragon’s Curse

Bagaimana Cara Mengakali Kutukan Naga

Cressida Cowell

Penerjemah: Maria M. Lubis

Indonesian language copyright © 2010 by Mizan Fantasi

Text and illustrations copyraight © 2006 Cressida Cowell

Cetakan I, Desember 2010

PT Mizan Pustaka

268 hlm; 19 cm

Jadi kepala suku itu nggak gampang lho, apalagi Kepala Suku Viking. Kepala Suku Viking itu – kata Stoick Agung, sang Kepala Suku Hooligan – harus seram, kejam, dan ganas.

Stoick Agung menggadang-gadang putra tunggalnya, Hiccup Horrendous Haddock III, menjadi Kepala Suku. Makanya, Stoick nggak suka Hiccup berteman dengan Fishlegs, yang lemah, juling, dan sakit-sakitan. Hiccup harusnya berteman dengan Snotface Snotlout dan Dogbreath the Duhbrain yang merajai kelas Kekejaman Tanpa Ampun.

Tapi Fishlegs terkena kutukan Naga Kobra berbisa dan akan mati dalam 24 jam. Dan penawar satu-satunya adalah sayuran-yang-tak-seorang pun-berani-menyebutkan-namanya milik Norbert the Nutjob, sang Kepala Suku Histeris. Hiccup berada dalam dilema. Mana yang lebih mudah: Mengikuti nasihat ayahnya dan membiarkan Fishlegs mati merana? Ataukah nekat menyelinap ke wilayah Suku Histeris, suku yang dikenal paling kejam dan brutal seantero wilayah Viking? Sekali lagi, Hiccup harus menjalani pilihan yang sulit untuk jadi pahlawan.

Kau bisa mengakali Kutukan Naga.

Kau tidak perlu begitu saja menerima nasib yang terjadi padamu – hlm 264

Ini adalah buku keempat dari seri How You Train your Dragon. Meskipun Hiccup selalu menjadi pahlawan disetiap permasalahan yang dihadapi sukunya, toh dia tetap diremehkan oleh semua anak laki-laki di Suku Hooligan tersebut, terutama oleh musuhnya Snotlout yang merupakan sepupunya. Snotlout membencinya karena jika Hiccup tak sanggup menjadi Kepala Suku, maka dialah yang berhak.

Hari itu mereka melanjutkan pelajaran mereka, kali ini mereka harus mendaki sebuah gunung dengan menggunakan papan ski. Tentu saja Hiccup dan temannya Fishlegs enggan untuk ikut serta, tapi mau tak mau mereka harus ikut. Dan, setiap pelajaran Hiccup dan Fishlegs pasti melakukan kekacauan. Kali ini mereka tersesat dan masuk ke wilayah Suku Histeris, Suku yang paling kejam dan bengis. Tapi yang lebih parah adalah mereka bertemu dengan Naga Kobra berbisa.

Tiba-tiba Fishlegs mengalami demam dan flu, dia juga sudah mengacaukan Festival freya dengan amukan dahsyatnya. Oh tidak, itu adalah gejala-gelaja kobraitis, dan jika kamu terkena itu hidupmu hanya bertahan selama 24 jam. Itu adalah prediksi dari ahli nujum yang merupakan kakek Hiccup, Wrinkly Tua. Wrinkly tahu ada satu yang mampu menjadi penangkal kobraitis, yaitu sayuran-yang-tak-seorang pun-berani-menyebutkan-namanya. Ternyata namanya kentang, uppps.

sayuran-yang-tak-seorang pun-berani-menyebutkan-namanya itu hanya berada di Amerika. Bangsa Viking dulunya tidak pernah mempercayai bahwa Amerika itu ada dan bumi ini bulat.

Sekarang setelah aku berada di sini, aku meyadari bahwa itu semua hanyalah kisah fantasi. Lentang itu tidak ada bukan? Karena Amerika pun tidak ada. Bumi ini sedater kue dadar, dan jika kau berlayar ke barat, akhirnya kau hanya akan jatuh dari ujungnya – hlm 149

Tidak ada yang mustahil, Hiccup, hanya tidak mungkin. Satu-satunya hal yang membatasi kita adalah batas-batas imajinasi kita. Dan aku selama ini bahwa kau adalah seorang anak lelaki yang imajinatif. Menyerah saja jika kau mau, tetapi aku selama ini berpikir bbahwa kau adalah seorang anak lelaki yang tidak akan pernah menyerah, tak peduli sebesat apa pun hambatannya – 101

Tapi demi sahabatnya, Hiccup tidak putus asa lalu nekat pergi mencari kentang tersebut.

Tapi, tapi, kesusahan selalu mengikuti Hiccup. Peristiwa yang tidak diinginkannya malah terjadi. Hiccu malah menjadi pahlawan di Suku Histeris dan mengalahkan kutukan naga yang sudah beratus-ratus tahun. Tetapi kentang yang diinginkannya malah tidak ada. Dia frustasi.

Aku tidak ingin menjadi yang terpilih, aku tidak ingin menjadi Kepala Suku Hooligan berbulu, aku tidak ingin menhilangkan kutukan bodoh Norbert, aku ingin mengakali kutukan yang terjadi pada Fishlegs. Yang kuinginkan hanyalah temanku – Hiccup (hlm 224)

Lalu apa yang terjadi? Mampukah Hiccup membuat Fishlegs sembuh?

***

Saya selalu suka petualangan-petualangan Hiccup dan juga Fishlegs. Kedua sahabat itu saling setia dan banyak pelajaran yang bisa diambil dari petualangan mereka. Terutama di episode ini, bagaimana eratnya persahabatan mereka. Emmm, so sweet.

Pokoknya kalian harus baca seri ini!

Screenshot_2015-08-09-11-38-14-1-1

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s