Stalking #CrazyLove

stalking

Stalking

Karya Elsa Puspita, Donna Widjajanto, Gianti Pradipta, Dy Lunaly

Cetakan pertama, Februari 2015

Perancang & ilustrasi sampul: Nocturvis

Ilustrasi isi: Himawan S.

Pemeriksa aksara: Mia & Ifah Nurjany

Penata aksara: Gabriel_sih

Diterbitkan oleh: Penerbit Bentang Belia

vi+198 hlm; 20.8 cm

Aku Cuma bisa geleng-geleng kepala begitu tahu cerita teman-teman yang gila stalking. Bisa banget, y, mereka sampai kayak gitu? Aku? Ih, nggak pernaaaah. Ada juga aku yang di-stalk gebetan :-p

Kalau stalking di zaman smartphone, sih, gampang. Tinggal ketik nama target di media sosial, dan voilla! Tapi gara-gara itu Rieva sampai kena kasus di sekolah akibat hobi stalking-nya via medsos. Atau Brianna yang rela jadi mata-mata demi balikan sama mantan. Seru sih, tapi sereeem.

Beda lagi dengan cerita Kinan dan Chia yang terlahir jauh sebelum generasi kita. Belum ada smartphone, medsos juga belum booming. Pakai pos? atau jangan-jangan burung merpati? Nyatanya nggak jadi penghalang, tuh, bagi mereka! Meskipun menurutku itu freak! Mungkin kamu mau coba cara klasik mereka untuk stalking gebetanmu?

Ini adalah Antologi dengan tema #CrazyLove terdiri dari empat cerita oleh empat penulis. Wah dari cerita-cerita mereka menuliskan tema stalking ini, jadi penasaran mereka-mereka ini sejago ciptaan mereka saat nge-stalking nggak sih? Hihihi

Saya dapat buku ini karena menang #LiveInterview bersama kak Atria Sartika, Mbak Elsa Puspita dan mbak Dy Lunaly, dan hadiahnya waw, menyenangkan! Terima kasih…..

20150825_163926-1

Sampulnya juga lucu, tampilannya seperti timeline di twitter. Dengan sinopsis singkat cerita mereka dan diberi tagar dengan judul ceritanya. Yah, mirip tweet.

Baiklah saya akan ulas satu persatu yah…

  1. Ace Heart oleh Elsa Puspita

Kamu harus berdamai sama masa lalu. Cuma itu satu-satunya cara biar kamu bisa lanjut sepenuhnya!

ABG labil atau bukan, cinta pertama tetap punya tempat sendiri, kok. Nggak usah gengsi gitu buat ngaku – hlm 3

Chia yang dijebak Audy, sahabatnya lagi uring-uringan karena Audy sangat misterius dan malah menyingung soal masa lalu yang Chia sudah kubur dalam-dalam tapi masih saja sensi kalau orang-orang membahasnya.

Sewaktu SMA chia suka kakak kelasnya yang seorang pesulap sampai rela mengikutinya hanya untuk berkenalan. Dan, kelakuannya itu malah membuat Kamal – kakak kelas yang dibuntutinya – merasa terganggu. Chia juga menelpon ke rumah Kamal tanpa bersuara dan membuat Kamal emosi.

Berhasilkah Chia saat itu?

Waktu sampai di halaman Chia mencari nomor telepon Kamal dengan bermodal buku telepon yang berwarna kuning atau yellow page saya sontak tertawa. Cie ketahuan tuanya. Bener banget deh, dulu itu stalking seru loh pake buku telepon gitu. Kita harus tahu nama ayahnya karena memang nama ayah yang terdaftar di buku telepon. Ih jadi inget masa dulu, kan. Hahaha lucu.

20150826_143156

yeay dibubuhi tanda tangan mbak El, terima kasih

  1. I see You oleh Donna Widjajanto

Cerita ini berkisah tentang Eric yang akhirnya memilih menutup semua akun media sosialnya gara-gara ada seorang cewek yang memposting foto dan membuat dia malu terhadap semua orang di sekolahannya, sampai dia dipanggil oleh guru BP. Gara-gara tidak punya akun media sosial dan applikasi chat, dia pun sering kena marah oleh teman-temannya yang sulit untuk meghubunginya.

Dulu sekali, Eric malah sering memasang status di media sosialnya. Tetapi temannya yang bernama Rieva membuat satu kesalahan yang membuat mereka jadi tidak tegur sapa. Rieva yang mengira sifat ramah dan baik hati Eric adalah karena Erick menyukainya, dan Reiva pun sakit hati.

Setelah itu Eric berubah menjadi cowok yang dingin dan pelit senyum.

Apa yang telah dilakukan Reiva?

Hidup harus berjalan terus, Eric. Tetaplah jadi orang yang baik. Jangan takut tersenyum dan berbuat baik cuma karena ada cewek gila yang stalking lo. Suatu hari nanti mungkin bakal ada cewek baik yang nggak gila, yang jatuh cinta dengan tulus pada senyum lo itu. Dan, kalian akan bahagia – hlm 96

  1. We Stalk Then What oleh Gianti Pradipta

Yakin rasa penasarannya udah hilang? Nggak pengin tahu apa mungkin dia pernah…. Sedikit aja, punya perasaan sama lo?

Brianna memata-matai mantannya yang dia dapati berjalan dengan cewek lain.Mungkin pacar barunya, tapi Brianna seperti belum rela jadi dia pun megikuti kemana Ruri, mantan pacarnya itu pergi bersama Kiska yang dia sinyalir adalah pacar barunya.

Siapa sangka Brianna bakal bertemu dengan Ayosa, cowok yang ternyata juga memata-matai Kiska.

Seperti judulnya, we stalk then what? Yah, apa yang akan mereka lakukan ketika menegtahui apa yang mereka cari tahu?

  1. Love is Blind oleh Dy Lunaly

Aku bukan stalker. Aku Cuma pengin tahu semua tentang dia. Itu saja. Aku nggak salah, kan?

Cinta di sini benar-benar buta. Kinan, yang merasa menemukan jodohnya rela berbuat apa saja untuk mendapatkan cowok yang dianggapnya jodohnya. Satria, nama cowok yang berhasil menolongnya dari tawuran antar sekolah, cowok yang membuatnya berpikir bahwa cowok itu adalah jodohnya dan juga membuat Kinan berubah total. Berubah yang nggak sehat. Kinan berubah menjadi sesosok cewek yang disukai oleh Satria, cara bicara sampai cara merahnya. Pokoknya Kinan rela melakukan apa saja, hingga dia merasa menyesal dan terjebak di masa lalu.

Kesalahan fatal apa yang dilakukan KInan?

Saya mendapatkan kejutan lain di cerita penutup ini, membuat saya ber-oooh pada akhirnya. Hehehe.

20150826_143245

Terima kasih juga mbak Dy, sudah ditanda tangani

****

Fiuh, dari cerita-cerita di atas, memang pada niat yah nge-stalking. Saya sih nggak punya keberanian sampai segiitunya, paling neglirik-lirik aja dari jauh. Hahaha. Tapi seru juga loh nge-stalking ala zaman dulu, nongkrong di balik buku yellow pages, ikut naik angkot sampai tahu alamat rumah gebetan, yah nggak seinstan sekarang lah yang bisa nemuin apa-apa di bio dan profil si doi. Hahaha. Dan saya salut deh sama perempuan-perempuan yang jadi tokoh di sini, mereka semua hebat dan pemberani. Hihi.

Terima kasih untuk bukunya mbak El dan mbak Dy. Saya suka bukunya, bikin deg-degan dan senyum-senyum sendiri. Hahaha.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s