Doktor Zhivago

zhivago

Doctor Zhivago

© all right reserved

Oleh Boris Pasternak

Penerjemah: Haryo Dipo Adinegoro

Penyunting: Yogaswara

Perancang sampul: Hengky Irawan

Penerbit Narasi

Cetakan pertama, 2007

144 hlm; 11 x 18 cm

Revolusi rusia telah menjebak Dr. Yury Andreyevich Zhivago, bersama dengan istrinya Tonya dan kedua kawan mereka, Lara dan Pasha dalam sebuah pusaran masalah yang kompleks. Bersama-sama mereka kehilangan cinta dan berjuang untuk memperolehnya kembali. Cinta lama Yuri pada Lara bersemi saat Pasha, kekasih Lara, tiba-tiba saja menghilang. Di waktu yang hampir bersamaan, sebuah peristiwa telah memaksa Yuri hidup jauh dari Tonya, untuk mendekasikan keahlian medisnya pada Tentara Merah pimpinan Sternilkov.

Revolusi telah melahirkan masalah demi maslaah yan tiada berujung pangkal. Tak ada jalan selain berupaya memahami lebih baik tentang siapa diri mereka sesungguhnya.

Tetapi hal seperti ini telah terjadi beberapa kali dalam perjalanan sejarah. Sesuatu dilahirkan dari sebuah cinta yang berkobar-kobar atau dari gagasan besar yang akhirnya menjadi sesuatu yang kejam dan biasa saja – hlm 144

Dr. Yury Andreyevich Zhivago atau lebih dikenaldenga Dr. Zhivago, kehidupan masa kecilnya bisa dibilang tidak begitu baik. Ibunya memninggal dan dia diasuh oleh pamannya. Ayahnya sendiri pergi meninggalkannya yang belalkangan juga diketahuinya telah meninggal karena bunuh diri. Dia ekemudian berkenalan dengan Misha dan Tonya. Mereka tumbuh menjadi sahabat dan berkuliah bersama-sama. Dilain sisi, hidup pula seorang perempuan bernaa Lara yang kehidupannya sangat miris, hidupnya sering menjadi perbincangan, Yury sering melihat Lara tapi tidak pernah berani untuk menyapa.

Ibu Tonya meninggal dan menitipkannya pada Yury, mereka pun menikah, mereka memang saling suka. Tetapi kehidupan berkata lain, perang dimulai dan Yury yang sudah menjadi dokter diajak untuk berperang membantu dalam tim medis, mereka pun berpisah. Dr. Zhivago punakhirnya bertemu kembali dengan Lara dan mereka sering bersama-sama. Tonya yang mengetahuinya tampak cemburu tapi tetap ikhlas. Tapi Dr. Zhivago benar-benar menyayangi Tonya.

Jika cintaku bukan untukmu dan ingatanku yang selalu setia kepadamu dan rumah kita, pasti aku telah mati sebelumnya. Tetapi kata-kata saja tidak ada gunanya. Kitaakan segera bersama-sama dan kita akan memulai hidup bersama lagi. Tonya, kamu adalah segalanya bagiku. Tolong jangan melupakan itu – hlm 53

Tetapi keadaan berkata lain, Dr.Zhivgo malah bertambah dekat dengan Lara.Pasha, suami Lara juga sedang semangat-semangatnya berperang, sehingga dia jauh dari Lara. Mereka pun hidup bersama.

Aku pikir kematian sedang mengetuk pintu, jadi kenapa kita tidak menikmati saja hidup di hari terakhir yang telah kita pilih. Mari kita berdua saja menyendiri untuk terakhir kali sebelum berpisah. Kita akan berkata satu sama lain dalam bahasa rahasia kita sendiri, kita akan hidup di dunia kita sendiri, dan kita akan dikelilingi oleh cinta – hlm 122

Perang dan revolusi mengubah kehidupan, mereka hidup berpindah-pindah. Dr Zhivago juga sudah tidak pernah bertemu dengan Tonya dan anaknya, Lara juga pergi. Bagaimana kelangsungan hidup Dr. Zhivago?

***

Buku ini adalah hadiah dari @foboekoe, atas menang kuis bookstagram kemarin. Nggak salah deh mereka hadiahin buku ini, walaupun tipis, buku ini sangat memberikan pandangan tentang revolusi dan peperangan di Rusia. Kehidupn peperangan sangat tragis memang, mungkin kenapa kisah percintaan di dalamnya agak tragis juga.

Awalnya, saya kira buku ini membosankan (walau tipis) tapi setalah membacanya, saya suka. Saya suka kisah cinta yang tragis seperti ceita cinta Dr. Zhivago. Kisah cinta seperti ini terdengar realistis, hahaha. Saling mencinta, berkata-kata romantic tapi tetap tergoda dengan perempuan lain lalu tetap mencintai yang pertama. Hihi ngawur.

Advertisements

2 thoughts on “Doktor Zhivago

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s