Lelaki Tua dan Laut

The-Old-Man-and-the-Sea-193x300

Lelaki Tua dan Laut

©Ernest Hemingway, 1952

Diterjemahkan dari The Old Man and The Sea

Karya Ernest Hemingway, terbitan Collier, New York, 1986

Penerjemah: Yuni Kristianingsih Pramudhaningrat

Penyunting: Anton Kurnia

Pewajah Isi: Bellvania Aryani

PT Serambi Ilmu Semesta

Cetakan I, Februari 2015

Lelaki tua dan laut (The Old Man and the Sea) berkisah tentang perjuangan luar biasa seorang nelayan tua Kuba yang seorang diri berusaha menankap ikan marlin raksasa jauh di laut lepas setelah sebelumnya gagal menangkap ikan selama 84 hari. Perjuangan pantang menyerah sang lelaki dalam mencapai tujuannya mengajarkan kepada kita betapa kesabaran, ketabahan, dan kegigihan dalam mengarungi cobaan hidup tak akan berakhir sia-sia.

Ada banyak nelayan yang baik dan beberapa yang hebat. Tapi yang benar-benar hebat adalah kau – hlm 18

Lelaki tua ini sudah lama tidak mendapatkan ikan, dia merasa diremehkan oleh nelayan-nelayan lainnya. Wajar, dia sudah tua. Tetapi ada anak laki-laki yang sangat mengaguminya dan tetap yakin bahwa lelaki tua ini masih sanggup menangkap banyak ikan. Pemuda ini dulunya selalu mengikuti si lelaki tua pergi melaut sewaktu dia masih kecil. Kali ini, si pemuda terus memperhatikan si lelaki tua, menyemangatinya lagi untuk pergi melaut, membuatkannya kopi dan memberinya makanan enak serta memberinya umpan untuk pergi melaut, semua disediakan oleh si pemuda.

Mungkin aku seharusnya tidak menjadi nelayan, pikirnya. Tapi itulah alasan kenapa aku dilahirkan – hlm 49

Lelaki tua pun pergi melaut. Kini, beliau semakin jauh berlayar namun tak seekor ikan pun yang menyangkut. Akhirna setelah sabar menunggu, ada ikan yang memakan umpannya, tapi si ikan tak kunjung bisa beliau naikkan ke kapal. Lelaki tua akhirnya bertarung dengan ikan yang begitu kuat itu, pikirnya ikan itu adalah ikan yang sangat besar. Berhari-hari si lelaki tua berjuang untuk melumpuhkan si ikan, tangannya mulai berdarah, persediaan makanannya pun sudah habis.

Akankah si lelaki tua mampu menaklukkan si ikan?

***

Fiuuh, akhirnya buku yang sejak dulu kala dicari-cari ini dapat juga, dapatnya secara gratis pulak dan dengan sampul yang lucu. Cerita yang begitu sederhana, cerita seorang lelaki tua yang berprofesi sebagai nelayan mencoba untuk menaklukkan seekor ikan tangkapannya, tapi mampu diceritakan sangat baik oleh Eyang Ernnest. Tapi memang sih, cerita kan berawal drai hal-hal kecil saja. Selain itu, ada pelajaran yang bisa diambil dari buku ini, jika kamu membacanya kamu bisa merasakan bagaimana si lelaki tua berafirmasi kea lam untuk membantunya mewujudkan mimpinya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s