Noda Tak Kasat Mata

noda tak kasat mata

Noda Tak Kasat Mata

Agnes Jessica

Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama

Jakarta, April 2008

192 hlm; 20 cm

Sarah – mahasiswi jurusan Sejarah yang sedang menyusun skripsi – ingin menyelidiki peristiwa pembantaian anggota PKI tahun 1965. Untuk itu ia datang ke desa Karya di daerah Jombang, Jawa Timur. Ia tidak tahu bahwa penelitiannya selama seminggu di sana akan mengubah hidupnya.

Semua penduduk desa yang diajaknya bicara tentang topic yang peka itu diam seribu bahasa. Hambatan utama penelitian Sarah datang dari Surya, anak anggota PKI yang terbantai. Masa lalu yang kelam membuat Surya berwatak keras. Ia menganggap Sarah hanyalah gadis kaya yang cuma tahu bersenang-senang dan menghabiskan orang tua.

Ketika penelitiannya hampir berakhir, Sarah menyadari dirinya telah jatuh hati pada Surya,padahal pria itu kekasih orang yang memberinya tumpangan selama seminggu berada di desa itu.

Apakah Sarah sanggup menghancurkan kebahagiaan orang lain demi kebahagiannya sendiri?

Sarah akhirnya kini berada di Jombang, melaksanakan penelitiannya untuk skripsi. Penelitiannya tidak tanggung-tanggung karena akan membahas masalah PKI. Gunawan, kekasihnya melarangnya pergi tapi Sarah sudah membulatkan tekadnya, dan itu membuat hubungan mereka jadi kacau.

Di Jombang Sarah menetap di rumah Pak Desa dan menjadi akrab dengan anaknya, Lastri. Lastri pun membantu Sarah untuk pengambilan data skripsinya, dia mengenalkan seluruh tetangga kepada Sarah. Sarah juga dikenalkan kepada Surya dan Dewi, yang merupakan anak dari korban pembantaian PKI. Tapi kenyataannya tidak seperti yang Sarah bayangkan dan inginkan, penduduk di sana malah bungkam, bahkan yang terlibat emosi setiap ditanya.

Sangat sulit membuat orang berbicara tentang masa lalu, apalagi jika masa lalunya tidak menyenangkan – hlm 48

Namun, Sarah akhirnya berhasil meluluhkan Surya yang awalnya membenci maksud kedatangannya. Dia bahkan mengantarkan Sarah ke rumah pamannya yang menjadi anggota PKI yang selamat. Kedekatan Surya dan Sarah menjadi petaka, Lastri membencinya. Lastri sebenarnya ingin sekali menikah dengan Surya.

Jadi, apakah data-data Sarah akan terkumpul dan skripsinya selesai?

***

Ini buku pertama Agnes Jessica yang saya baca dan saya suka cara dia menulis, penulisannya ringan dan isinya penuh makna, jadi pembahasan PKI yang menurut saya berat itu jadi ringan, hehe. Saya terbawa suasana deh bacanya. Peristiwa 30 September dan apa saja yang berkaitan dengan PKI sampai sekarang masih keren untuk terus diperbincangkan menurut saya. Novel ini juga mengajarkan bahwa, apa saja bisa terjadi dalam waktu seminggu. Hehehe.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s