Lupus n’ Work

lupus n work

LUPUS

Lupus ‘n Work

Oleh Hilman

Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama

Cetakan keempat, Juni 1996

176 hlm; 18 cm

Lupus n’ work ini berisi sepuluh cerita gokil seperti biasanya. Langsung aja yaa, hehe

  1. Ayam Panggang Pizza

Mami yang lagi ingin keluar bersama Lulu menitip agar Lupus melihat ayam mami yang lagi sementara di panggang. Mami sudah berpesan agar jangan sampai hangus, soalnya itu pesanan dari Tante Ami. Dasar Lupus, dia yang kedatangan tamu malah lupa. Dia kemudian mencari cara agar bisa mendapatkan ayam panggang lagi dan menyelamatkan reputasi mami di depan tante Ami, sanggupkah?

  1. Lupus n’ Work

Lupus tiba-tiba berpikir untuk berwiraswasta dan mengajak temannya si Boim dan Gusur. Mereka berdua sih oke-oke saja. Lalu bekerjalah mereka. Proyek mereke membuat stiker yang keren dengan kata-kata yang unik.

Stikernya oke juga. Cuma sayang, lemnya pake nasi, ya? Jadi gampang copot kalau ditempel di knalpot – hlm 30

Mereka pun awalnya sukses karena membagikan secara gratis, promosi ceritanya. Apakah proyek mereka akan berlanjut terus?

  1. Ketatkan Ikat Pinggang

Lupus yang kini berbisnis mulai mengerti ternyata harus dibutuhkan modal yang banyak. Dia berkonsultasi ke Mami bagaimana caranya dan Mami berjanji akan memodali kalau Lupus bisa mengontrol pembayaran listrik dan telpon di rumah. Lupus menyanggupi, bahkan kalau nelpon dia pakai singkatan biar cepat dan hemat. Lulu pun dongkol dan menyuruhnya nggak usah nyetrika baju, taro di bawah bantal aja biar licin. Mampukah Lupus mendapat modal dari Mami?

  1. Penyiar Dukun

Demi kelancaran bisnis Lupus n’ Work, Boim yang terlibat juga disuruh cari modal. Nah, Boim melamar deh pekerjaan sebagai penyiar Radio. Olga yang penyiar radio menyarankan untuk merekam suaranya untuk dikirim ke radio di tempat yang sunyi. Maka pergilah Boim ke kuburan, di sana ternyata ada asekumpulan orang yang mengira dia dukun dan percakapan mereka terus terekam. Boim malas mengulang jadi rekaman itu saja yang dikirm. Berhasilkah Boim?

5. Sengasara Membawa Jimat

Gusur juga mendapt jatah mencari modal. Gusur memilih untuk menjadi pembuat kartu ucapan di pinggir jalan. Tetapi dia apes, dia malah di palak. Dia pulang dengan kecewa.

Yah, namanya juga orang usaha, Sur. Kadan-kadang mujur, kadang-kadang apes. Kamu jangan gampang putus asa, dong! Orang putus tali kolor aja udah repot, apalagi putus asa! – hlm 73

Eh keesokan harinya Gusur malah kecelakaan dan dirawat di rumah sakit. Untung yang nabrak cewek cantik, ehh. Jadi, mampukan Gusur memodali bisnis mereka?

  1. Duel Boim dan Somad

Boim tetap siaran bersama Olga, dan ternyata Boim naksir sama Olga. Olga ribet, dia nggak naksir sama Boim dan Boim selalu mengkuti Olga. Olga dan Maminya pun punya ide untuk menantang Boim berduel dengan Somad, laki-laki yang juga naksir Olga. Siapakah nanti yang menang?

  1. Siti Nurgaya

Gusur dijodohkan oleh engkongnya dengan Siti Nurgaya. Gusur tentu tidak ingin karena masih sekolah tapi engkongnya menyuruh Lupus dan Boim untuk membujuknya. Engkong memberikan jaminan kepada ayah Nurbaya kalau calon menantunya itu bintang sinetron.

“Ya ampun, ini die. Nggak salah, nih. Katanya kayak bintang sinetron.”

“Maksudnya sinetron khusus film-film horror.”

“Oh, pantes.” – hlm 103

Apakah Siti Nurbaya mampu menerima perjodohan ini?

  1. Growing Pains

Lupus n’ Work terus berlanjut, Lupus, Gusur dan Boim berhasil mengumpulkan modal untuk melanjutkan usaha mereka. Tapi tapi, tiba-tiba mereka ada saingan! Nah, mereka pun menguras otak bagaimana mengalahkan saingan mereka itu.

  1. Mimpi Futuristik

Lulu mimpi berada di masa depan. Apa-apa sudah serba canggih. Di masa depan itu papi punya gudang yang menyimpan barang-barang di masa lalu yang masih bagus. Lulu dan Lupus dilarang untuk masuk ke situ, tapi Lulu melanggarnya. Papi pun marah.

“Kalau nggak boleh masuk gudang, kenapa harus ada gudang?”

“Jangan banyak bicara. Gudang ada karena Papi masih mau menghormati masa lalu.”

“Lulu juga mau. Makanya Lulu masuk gudang.”

“Tapi itu nggak baik buat kamu. Nggak baik kamu terlalu banyak tahu tentang masa lalu. Pengaruhnya buruk!” – hlm 137

Hahah, duh seru juga mimpi Lulu yaa

  1. Tutup Aja

Boim ingin beli mobil. Ini gara-gara dia tidak bisa mengajak Olga jalan-jalan. Olga sering pulang naik mobil dengan temannya. Boim akhirnya membeli mobil tapi dia tertipu. Kenapa?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s