Blogtour Meneken + Giveaway

meneken.jpg

Maneken
Penulis: SJ. Munkian
Editor: Triana Rahmawati
Desain cover: Chandra Kartika Gunawan
Penerbit: Mahaka Publishing (Imprint Republika Penerbit)
September 2015
x + 181 hlm
ISBN: 9786029474060

Dalam sejarah kehidupan di dunia, benda mati hampir selalu tidak dihiraukan. Tidak ada yang mau repot-repot memikirkan perasaan benda mati, apalagi memerhatikan kebutuhannya. Kau bahkan tak pernah tahu kan, bahwa maneken bernama Claudy—yang bekerja keras di etalase terdepan toko busana Medilon Shakespeare—mempunyai perasaan. Mimpi-mimpinya dilambungkan untuk kemudian dihempaskan lagi hingga hanya bisa bergantung pada nasib dan keajaiban. Ya, keajaiban.

Novel ini akan membuka mata hatimu dengan menempatkanmu pada posisi benda mati yang tak dihiraukan, meski sedang berjuang mati-matian untuk mencapai mimpi-mimpi. Kau akan melihat dari sudut pandang yang berbeda, dan semoga itu akan membuatmu semakin mengerti, betapa kami, aku dan Claudy, iri kepada kalian.

 

***

Aku selalu memohon kepada Tuhan dan semesta raya agar aku bisa seperti para manusia dunia luar tipe keempat yang manusiawi. Punya hubungan. Berpasangan. Bisa mencintai – hlm 52

Sophie, pemilik Medilon Shakespeare yang lagi menyiapkan pembukaan toko pakaian itu adalah perempuan yang bisa dibilang pekerja keras dan sempurna. Dia begitu tegas kepada pekerja-pekerja tokohnya. Begitupula dengan pembukaan tokonya ini, dia ingin semuanya sempurna. Dia bahkan memesan meneken khusus yang akan di pajang di etalase utama.

Tapi cerita utamanya bukan cerita tentang Sophie melainkan tentang si Meneken. Meneken perempuan telah di letakkan di etelase utama terlebih dahulu, dia dinaman Claudia. Claudia yang sudah merasa bangga karena telah di tempatkan di etalase utama harus kecewa karena ternyata bukan hanya dia meneken yang terpilih. Ada satu lagi yang akan menemaninya. Maneken cowok. Namanya Fereli.

Seperti kata pepatah cinta, timbulnya suka karena terbiasa bersama. Bukan hanya manusia, tetapi meneken juga bisa jatuh cinta. Buktinya yah Claudia dan Fereli. Karena kebersamaan mereka di etalase utama, mereka jatuh cinta.

Kau yakin kita bukan manusia Fere? Kita hidup dan bisa merasakan, kita juga punya emosi serta obsesi – hlm 48

Tapi ketika kedua benda mati tersebut sedang dimabuk asmara, atau apalah sebutannya untuk mereka, bencana datang. Ini karena ulah si Sophie sang pemilik meneken itu sendiri. Dia sedang dirundung kesedihan yang mendalam akibat kegagalan cinta dan kedua meneken itu menjadi korbannya.

Apakah yang akan terjadi dengan kedua meneken itu? Apa obsesi dan keinginan mereka akan terwujud dan bisa saling mencinta dengan bebas?

Kau kira hanya manusia saja yang memiliki obsesi terhadap cinta? Jangan membuatku tertawa. Aku pun sebagai benda yang dipajang di sebuah toko punya obsesi itu dan akan memperjuangkannya.

***

Cerita cinta dua anak manusia sih sudah sering kan yah? Lah bagaimana kalau yang jatuh cinta itu sepasang meneken?

Novel ini masuk genre apa yah bagusnya? Romence Fantasy, tapi di bab-bab akhir ada misteri yang bikin deg-degan, hihi. Ide romance benda mati ini bagus sekali. Saya suka dengan konflik yang dituliskan, ini benar-benar tidak bisa ditebak. Juga penokohan si Sophie yang kuat. Satu lagi yang unik, judul perbabnya lain dari pada yang lain, bab-banya berjudul: Dinamai, Diletakkan, Diperlihatkan dan kata-kata pasif lainnya. Awalnya saya mengira akan bosan dengan jalan ceritanya dengan membaca babnya, tetapi gaya menulis Mas Munkian yang filosofis, saya suka.

Buat yang bosan dengan cerita cinta manusia, buku ini cocok deh buat kamu baca. Selain itu, bukan hanya romance, seperti yang saya tuliskan sebelumnya kalian akan dibikin tegang sama konflik yang ada.

Novel ini juga mengingatkan kepada kita, bahwa benda mati pun punya nyawanya sendiri, kita tidak boleh bersikap semena-mena.

Trailer novel Meneken di bawah bisa kalian nonton

 

wp-1450017147146.jpg

Makin penasaran? Ikuti saja giveawaynya. Akan ada dua pemenag lho.

Hadiah pertama: Novel Maneken dan Goodie Bag

Hadiah kedua: Paket Buku Republika

Syaratnya:

  1. Domisili Indonesia
  2. Follow Blog ini
  3. Follow twitter @bukurepublika dan @sjmunkian
  4. Share link postingan ini dengan mention kedua akun di atas dan @DhaniRamadhani jangan lupa pakai hastag #Maneken
  5. Jawab pertanyaan di bawah ini dengan menyertakan nama, akun twitter dan link share di kolom komentar

Kenapa kalian ingin buku ini?

Gampang kan? Giveaway ini berlangsung sampai tanggal 17 Desember 2015. Hanya tiga hari!

blogtour meneken

33 thoughts on “Blogtour Meneken + Giveaway

  1. AA. Muizz says:

    Aku ingin membaca novel ini, karena: a) buku ini anti-mainstream, karena mengambil kisah dan sudut pandang benda mati dalam menceritakan kisah percintaan, b) buku ini diterbitkan Mahaka (Republika), dan saya jarang kecewa dengan buku fiksi terbitan mereka, c) kalau tidak salah, ada endors dari Sinta Yudisia (salah satu penulis yang kugemari) tentang buku ini. Jadi, aku lebih tertarik lagi membaca buku ini karenanya. ^^
    — @aa_muizz —

  2. Mita Oktavia says:

    Alasan kenapa ingin baca buku ini karena yang pasti penasaran banget!

    Aku rasa ide cerita ini nyaris mirip dengan buku “Perjalanan Ajaib Edward Tulane” soalnya diceritakan dari sisi benda mati yang seolah-olah hidup. Dalam buku itu, aku suka banget sama karakter Edward si Kelinci Porselen dan penuturan cerita dari sisi dia. Ada perspektif lain, dan begitu memikat hati. Dan buku Meneken ini sepertinya juga menarik buatku, karena mengambil sisi dari penuturan benda mati, pasti ada sudut pandang berbeda yang dapat dihadirkan. Selama ini kayaknya masih jarang buku-buku dengan sudut pandang yang unik, menarik dan belum terlalu mainstream. Jadi aku makin penasaran!

    Aku pengen tahu gimana sih, cerita cinta sepasang maneken, karena kan mereka benda mati, nah kisah cintanya bakalan seperti apa sih? Apakah akan lebih bermakna dibandingkan dengan kisah cinta sepasang manusia? 😀

    Terlebih dari review yang kubaca di blog ini maupun blog host tour yang lain, pada menyelipkan kata filosofis, makin bikin aku penasaran. Semoga aku beneran kesampaian bisa baca buku ini 😀

    Mita Oktavia
    @Oktaviamithaa
    https://twitter.com/OktaviaMithaa/status/676184384819486721

    Terima kasih ya! ^^

  3. Asep Dani says:

    Alasan Ingin Mendapatkan Novel Meneken

    Dari reviewnya saja bikin jantung dag-dig-dug serrrrrrr.
    Penasaran banget dengan isi novel Meneken yang anti-mainstream.

    Ingin segera memiliki buku ini dan membayangkan betapa indahnya menjadi meneken yang mempunyai cinta.

    Bikin baper saja diriku dan semakin baper kalau buku Meneken tak ada di tangan ini.

    Nama: Asep Dani
    Nama Akun Twitter: @daniasep22
    Link Share: https://mobile.twitter.com/daniasep22/status/676186174147452933?p=v

  4. Kazuhana El Ratna says:

    Nama : Ratnani Latifah
    Twitter : @ratnaShinju2chi
    Link Share : https://twitter.com/ratnaShinju2chi/status/676238202441625600

    Jawab : Karena saya suka membaca buku, sehingga ingin selalu membaca buku. Apalagi setelah membaca resensi ini. Ide cerita yang ditawarkan sangat menarik dan lain dari pada yang lain [unik] dan membuat penasaran. Biasanya saya sering menemukan cerita menghidupkan benda mati dalam cerpen, namun bagaimana ketika dalam novel yang notebene lebih panjang? Bagaimana eksekusi dan pengolahan ide dan mengatur plotnya.

  5. erin says:

    Nama : Erin
    Twitter : @RinShoak
    Link Share : https://twitter.com/RinShoak/status/676265537899380737
    Alasan aku pengen novel ini……..
    Karena pemiihan tokoh utama di novel meneken sangat unik, selain novel fantasy atau dongeng tentunya sudah biasa ada pengaruh tokoh benda yang dimunculkan, namun benda mati sebagai tokoh utama sungguh ide yang luar biasa.
    Ah, baca reviewnya saja aku tertarik dan penasaran dengan alur ceritanya.

  6. Merda says:

    Nama : Merda Arvita
    Twitter : @merdhaarvitha
    Link Share : https://twitter.com/merdhaarvitha/status/676291658032349184

    aku pengen baca buku ini karena menurut aku buku ini isinya unik. mengisahkan kisah percintaan dua benda mati (meneken) seolah-oleh benda itu hidup. alasan lainnya adalah karena dalam cerita ini juga mengandung pesan tidak semua manusia bahka semua ciptaan tuhan memiliki perasaan (cinta). buku ini juga menginspirasi aku untuk menulis novel yang berbeda dari sebelumnya.

  7. Wardhana says:

    Nama : F. Wardhana
    Twitter : @KhubaibAhnaf
    Link Share : https://twitter.com/KhubaibAhnaf/status/676333693686841344

    aku ingin membaca novel yang menurut saya tidak biasa, ingin mengetahui cara penulis mengungkapkan pemikirannya tentang cinta dan dunia imajinasi. Kisahnya menurut saya unik dan saya ingin mengetahui lebih lanjut dengan membaca novelnya dengan memiliknya tentunya. Semoga dengan buku ini bisa membawa banyak inspirasi bagi pembacanya.

  8. aulyarzky says:

    Nama : Aulia Resky
    Twitter : @AuliaaRez
    Link Share : https://mobile.twitter.com/AuliaaRez/status/676384413127589888?p=v

    Kenapa aku ingin baca Maneken? Kenapa tertarik? Waktu kecil orang tuaku pernah memiliki sebuah toko baju anak-anak. Bukan toko yang besar, hanya sebuah toko kecil-kecilan. Saat itu ada sebuah maneken anak laki-laki, dia di pakaikan baju kemeja putih dan semacam celana kodok tak lupa dengan topi seperti topi sherlock holmes. Nah setiap pulang sekolah aku selalu ngerasa maneken itu hidup, menatapku tapi ketika aku memberitahukan ke prang-orang termasuk orang tuaku, mereka hanya tertawa dan mengatakan itu sebuah khayalan anak kecil. So sebenarnya aku mau mengenang masa lalu hihi^^ di mana setiap hari aku menyapa maneken itu dan sempat aku beri nama dia pino. Dia bukan boneka kayu tapi mungkin saja ia akan hidup:3

    Terus dari kisah romance antar manusia yang selalu bisa membuat BAPER, apakah cerita cinta antara maneken akan membuat lebih baper? Tapi menurutku bisa saja, cinta antara mobil yang di film apa tuh yaaa, bisa bilin baper wkwkwk:v kalau perhatikan covernya ada seorang wanita yang menangis dengan sebuah cincin. Kira-kira itu sophie atau claudy? Uhuukk penasaran. Tapi yang memakai gaun dan jas itu claudy dan fereli kan?

    Kayanya ceritanya lucu deh, gimana cara boneka manekin itu bergerak dan mengatakan kalau mereka saling mencintai. Terlalu penasaran sama jalan ceritanya. Sangat unik dengan bumbu-bumbu romantis dan motivasi deh. Btw trailernya bagus^^ semoga novel ini bisa menginspirasi banyak orang:3 Arigatou Gozaimasu…

  9. kikimollys says:

    Nama: Kiki Suarni
    Twitter: @Kimol12
    Link share:https://mobile.twitter.com/Kimol12/status/676468280396087296

    Jawaban:

    Aku ingin membaca buku ini karena temanya unik. Objeknya bukan benda hidup tapi benda mati. Nah, loh, melalui novel ini aku sangat ingin tahu bagaimana cara penulis menuangkan emosi dari benda mati yang seolah-olah bahwa semua perasaan yang tertuang dalam novel ini benar-benar terjadi pada benda tersebut. Selain itu, pada dasarnya sebagai pencinta buku, tentu aku ingin membaca dan mengkoleksi segala jenis buku termasuk novel ini. Aku juga belum pernah membaca karya dari SJ. Munkian sebelumnya jadi aku harap Meneken ini bisa jadi novel perdana penulis yang bisa aku cicipi. Dan gak ketinggalan, review dari Mbak Dhani yang menggoda hehhe…

    Terima kasih

  10. imandapuspa01 says:

    Nama: Puspa Imanda
    Twitter: @OephaIm
    Link Share: https://mobile.twitter.com/OephaIm/status/676631742287970304

    Jawaban.

    Kenapa aku mau novel ini?

    1. Pas buku link GA, disuguhi judul novel yang bener-bener unik. Meneken. Aku sempat bingung, tapi detik kemudian aku mengerti apa itu meneken. Sebuah boneka seperti manusia bukan?

    2. Dalam pikiranku (pertama kali liat judul) pasti novel ini menceritakan seseorang yang di perlakukan seperti boneka dan benda mati, tapi nyatanya tidak. Pas aku membaca sinopsisi ternyata ini memang menceritakan bagaimana kehidupan sebuah boneka meneken sesungguhnya, bukan perumpamaan.

    3. Nah aku berfikir, kalo ini menceritakan meneken, gimana penulisnya menceritakan alur novel, bukankah meneken itu benda mati? Atau mungkin setiap malam mereka hidup? Aku malah penasaran bagaimana penulis menceritakan mereka. Aku sangat penasaran gaya penulis menulis dan alurnya.
    Karena jujur aku belum pernah meembaca novel dari sudut pandang benda mati.

    4. Aku juga penasaran, penulis mengambil sudut pandang siapa? Sang boneka meneken atau si pemilik toko? Atau bahkan pandangan penulis? Mungkin, jika penulis memakai sudut pandang boneka meneken, pasti tidak ada percakapan bukan? Dan aku tebak… Penulis memakai sudut pandang penulis.

    5. Lalu dalam review ini, dikatakan jika diakhir cerita akan ada misteri. Misterinya seperti apa? Aku penasaran banget, bisa ajakan disana di meneken jadi manusia? Atau bakal bisa gerak #eh

    Dan, intinya, aku ingin novel ini karena ‘Penasaran’

  11. Feeny says:

    Nama : Feeny
    Akun Twitter : @feenyzhang
    Link Share : https://twitter.com/feenyzhang/status/676631189189332992

    “Kenapa kalian ingin buku ini?”

    Wuah paling bingung kalau dikasih pertanyaan begini, alasannya simpel. Aku pengen buku ini karena aku tertarik dengan buku ini. Benda mati jatuh cinta. Ceritanya unik, dimana buku-buka lain asik bercerita mengenai suka-duka, senang-sedih, galaunya kisah cinta manusia. Buku ini bercerita mengenai kisah sepasang maneken –yang biasanya tidak dianggap, tidak diperhatikan dan diyakini tidak memiliki emosi, perasaan, dan lain sebagainya– jatuh cinta. Akan seperti apakah kisah cinta mereka? Duh penasaran. Bagaimana cara mereka bergerak dan berbicara? Makin penasaran dan makin pengen ini buku memperindah rak buku aku ><
    Belum lagi kata-kata indah atau istilahnya "quotes" yang ada di buku ini. Keren banget
    Semoga diberi kesempatan untuk membaca buku ini, bukan hanya membaca reviewnya aja tapi menuntaskan buku ini sampai -THE END-

  12. dabelyuphi says:

    nama : Wening
    twitter : @dabelyuphi
    share :
    https://mobile.twitter.com/DabelyuPhi/status/676646465754693632?p=v

    alasan aku kepengen baca buku Maneken ini karena temanya yang berbeda dari yang lain, jarang-jarang ada penulis yang mengangkat kisah cinta antara dua benda mati, yang sebenarnya mereka juga mempunyai jiwa dan bisa merasakan seperti halnya manusia. aku jadi inget sinetron jaman dulu yang bercerita tentang seorang gadis maneken yang jatuh cinta sama manusia pemilik butik yang ditempatinya. maneken ini bisa bergerak layaknya manusia kalo bersama sama orang yang dicintainya aja (kayaknya sih). aku juga udah lupa gimana keseluruhan dan akhir ceritanya.
    aku jadi penasaran gimana kisah dua maneken claudy dan fere ini. apakah mereka bisa berakhir bahagia? lalu bagaimana dengan sophie sendiri?
    dilihat dari gaya penulisannya yang menggunakan sudut pandang claudy dan bergantian dengan fere, pasti menarik untuk dibaca karena kita akan tahu apa yang dirasakan oleh para maneken itu.

    (duh, jawaban sebelumnya salah link, tolong dihapus aja mbak)

  13. risma says:

    nama: risma ariesta
    akun twitter: @sayonalaanata1
    link share: https://twitter.com/sayonalaanata1/status/676744779074396160

    saya ingin buku ini karena saya ingin walaupun sekali saja menangin give away buku T.T karena saya belum pernah menang di give away manapun huhu pity me :”(
    haha nggak cuma itu sih, saya juga penasaran setelah membaca review dari mbak dhani ramadhani. review yang ditulis sangat membuat saya penasaran akan apa isi buku ini sebenarnya. yang katanya nggak cuma bergenre romance 😀

  14. milaarn28 says:

    Nama : Amilah Rahmatunnisa
    Akun Twitter : @RnMilaa
    Link Share : https://dhaniramadhani.wordpress.com/2015/12/13/blogtour-meneken-giveaway/

    Kenapa kalian ingin novel ini

    Simple aja karna liat review kakak dan melihat quote quote yang bertebaran di buku ini membuatku tertarik untuk melihat lebih dalam isi buku yang kata kebanyakan orang sih Anti-Mainstream. Kalau tema bukunya aja udah beda dari yang lain gimana isi di dalamnya? Aku sudah pernah menonton film tentang manekin yang bisa hidup dan jatuh cinta sama pemliknya. Tapi kalau untuk novel belum pernah sama sekali. Jadi aku ingin mencicipinya dan aku berharap semoga buku ini menjadi perkenalanku yang manis dengan sang penulis @sjmunkian dan bisa menyukai karya-karya beliau yang lain, sama halanya dengan kakak dan Blogger-Blogger lainnya. Dan yang menariknya lagi novel ini diterbitkan oleh @bukurepbulika. Penerbit yang sama-sama menerbitkan buku fenomenal Ayat-Ayat Cinta. Buku yang memotivasi banyak orang. Terutama aku , aku jadi rajin belajar karena baca buku itu. Malah denger-denger Ayat-Ayat Cinta mengantarkan mbak luckty pada gelar sarjana :0 . Ada juga novel-novel mbak Tere Liye yang juga di terbitkan penerbit ini. Jadi, ekspektasiku sangat tinggi pada novel Maneken ini pastilah novel yang bagus dan ada pesan tersirat di dalamnya bagi pembaca. Sungguh ingin aku membacanya 🙂

    Terimakasih Giveawanya kak ^-^ Wish Me Luck

  15. Pramestya Ambangsari says:

    Nama: pramestya
    Twitter: @p_ambangsari
    Link: https://mobile.twitter.com/p_ambangsari/status/676779337924743169?p=v
    Jawaban: kenapa aku pengen buku ini karena:

    First, blurb yang sukses bikin langsung ngecap “ini buku unik”. Ya, tema yang diangkat belum pernah kubaca. Bedaa banget sama novel-novel lainnya. Rasanya pengen lekas tau kehebatan penulis meramu kata dan “berperan” menjadi maneken.

    Second, Tasaro GK berkata kalau novel ini penuh akan rimanya, maknanya, filosofinya dan kritiknya. Itu nambah rasa pengen bacaku, pasti ada banyak hal yang bisa aku resapi dari novel ini. Bisa juga nambah ilmu, merubah mindset, dan mungkin berlatih jadi penulis cerdas.

    Third, Aku pengen tau gimana perjuangan Claudia memperjuangkan mimpi-mimpinya. Tentang jalan cerita cinta Claudia dan Fereli. Apa yang dilakukan Sophie kepada Claudia dan Fereli sehingga mereka dikatakan sebagai korban?

    Fourth, dan seperti kakak tulis di review ini, aku juga pengen tau, Apakah yang akan terjadi dengan kedua meneken itu? Apa obsesi dan keinginan mereka akan terwujud dan bisa saling mencinta dengan bebas?

    Fifth, katanya novel ini punya misterinya di akhir dan konflik yang bikin tegang, wow! Apaan itu? Imajinasiku udah melayang-layang liar tentang novel ini. Rasanya pengen maksa orang buat bacain buatku, atau menangin aja aku biar baca sendiri :v

    Sixth, karena aku juga pengen dibuat terpana sama buku ini sejak membuka daftar isinya! Hufftt kata review di GR sih gitu, makanya aku mupeng.

    Seventh, katanya buku ini cocok buat yang suka puisi, aku suka puisi, apalagi yang galau (abaikan)

    Eighth, aku pengen tau apa yang dilakukan, bagaimana kehidupan para maneken menurut deskripsi penulis, kayaknya seru kalau bisa dibayangin.

    Ninth, ini buku debut ya? Hmmm siapa tau aku jadi ngidolain S.J Munkian setelah baca Maneken. hehehe

    Intinya, aku pengen baca buku ini karena buku ini bener bener unik dan rasanya aku nggak mau ngelewatin gitu aja buat buku yang temanya jarang diangkat!
    Oh, satu lagi. Kira-kira setelah baca aku jadi kena efek samping nggak ya kalau liat manekin di toko-toko? Baper gitu…

    Semoga Menang, biar bisa ngejawab pertanyaan dan rasa penasaran yang ngelebihin batas. amiin. Arigatou

  16. Nila Faizatun Nikmah says:

    Nama: Nila Faizatun Nikmah
    Twitter: @nila_nfaiza
    Link share:

    Kenapa kalian ingin buku ini?

    Bingung mau jawab gimana. Yang pasti novel ini recommended banget buat yang suka sama tema fantasi dan yang anti-mainstream. Bayangin aja cerdasnya penulis bikin cerita tentang maneken yang dipajang di etalase. Pertanyaan pertama yang mucul: apa yang mau diceritain tentang maneken yang dipajang di etalase? Ternyata oh ternyata gokilnya penulis nyeritain kisah percintaan sesama maneken. Terserah deh endingnya kayak gimana, bagi aku yang menjunjung tinggi ending yang harus happy, harus punya novel ini. Meskipun nanti bakal sad ending, aku juga gak bakal nyesel baca novelnya, karena novel mana lagi yang temanya anti-mainstream kayak gini? Apalagi novel Indonesia, kan?

  17. Rizky Mirgawati says:

    Nama : Rizky Mirgawati
    Twitter : @RizkyMirgawati
    Link Share : https://twitter.com/RizkyMirgawati/status/676936710907908096

    Kenapa kalian ingin buku ini?

    Ini beberapa alasan kenapa aku ingin membaca buku ini:
    1. Aku termasuk pembaca yang jarang sekali mengikuti Giveaway, namun membaca review positif buku ini dari beberapa blogger, aku jadi tertarik sekali untuk membaca dan mereviewnya juga.

    2. Premisnya sungguh menarik, alih-alih menggunakan sudut pandang manusia, malah benda mati dalam hal ini Maneken itu sendiri.

    3. Aku termasuk pembaca romance garis keras, namun tahun 2015 aku berjanji untuk menantang diriku sendiri membaca lebih banyak genre di luar cangkir tehku, salah satunya fantasy. Dan aku lihat fantasy karya anak negeri belum terlalu banyak, jadi mungkin Maneken bisa menjadi sebuah awal aku membaca karya fantasy lokal 🙂

    4. Mencicipi dan membaca sebuah karya dari penulis baru itu selalu menyenangkan, aku selalu suka mencoba mengenal karya penulis baru di luar penulis favoritku dan seringnya malah aku jadi tertarik membaca karya-karya lainnya.

    Nah, itu beberapa alasanku tertarik mendapatkan buku ini.

    Terima kasih GAnya, Dhani. Semangat baca, mereview dan ngeblognya ya.^

  18. Diddy Syaputra says:

    Nama: Didi Syaputra
    Twitter: @DiddySyaputra
    Link Share: https://twitter.com/DiddySyaputra/status/677118644044693508

    Karena merupakan sebuah gebrakan baru bagi dunia literasi, diwarnai dengan kisah yang luarbiasa di luar dugaan; kisah mengenai kehidupan Maneken. Sungguh sesuatu yang sangat-sangat menarik. Karena jujur Saya sendiri lebih tertarik dengan genre romance, hanya beberapa genre fantasy yang Saya koleksi, itu pun karena fantasi yang disuguhkan benar-benar terjamin kualitasnya. Tapi Maneken menawarkan kedua genre tersebut. Loveable. Top. Dan Saya semakin tertarik dengan obsesi dan keinginan mereka serta penasaran dengan ujung pencapaian percintaan mereka, anti-mainstream banget, bahkan Saya sudah mengimajikan Maneken Mas Munkian menjadi sebuah film, pastinya akan jadi pewarna teranyar di dunia per-film-an. Tidak salah jika Saya katakan Mas Munkian teramat jeli menggali ide yang sama sekali tidak tersentuh, bahkan bagi penulis handal sekali pun, Saya kagum dengan keakraban penulis pada lingkungannya, amazing idea. So, sangat berharap bisa berkenalan dengan karya-karya beliau, terutama Maneken yang berkisah obsesi, cinta, impian de el el di luar zona yang sewajarnya. Saya berani katakan karya Mas Munkian satu ini “Aneh tapi Nyata.” 🙂 Keep Created Mas!

    Terima Kasih!

  19. E.M.F says:

    Nama: Evita
    Twitter: @evitta_mf
    link share: https://twitter.com/evitta_mf/status/677166684264771584

    Pengen banget baca novel Maneken ini karena sudut pandangnya dari benda mati, tapi ternyata benda mati juga punya perasaan. Nggak bisa bayangin seperti apa penulis menceritakan isi novelnya dari pov si maneken ini.
    Selain fantasi ternyata di dalamnya ada unsur romance nya juga. Aku pernah baca cerpen tentang manusia yang jatuh cinta pada maneken, atau pun sebaliknya. Tapi novel ini justru menceritakan dua maneken yang saling jatuh cinta. Intinya aku penasaran kak, penasaran banget…. ><

  20. agathavonilia says:

    Nama : Agatha Vonilia Marcellina
    Akun twitter : @Agatha_AVM
    Link share : https://twitter.com/Agatha_AVM/status/677256477694816257

    Kenapa kalian ingin buku ini?

    1. Nama penulisnya unik dan kalau dilihat lebih detail memiliki kemiripan dengan judul novelnya. Hehehee Penulis baru dengan karya perdananya pasti akan memberikan ciri khasnya sendiri. Berkenalan dengan penulis baru itu rasanya seperti mempunyai senior sekaligus guru untuk berbagi ilmunya. Menganalisis segala hal tentang karyanya itu memberikan keasyikan sendiri. Wah … Ternyata kak SJ. Munkian kerennnnn (aku ngefans sama nama penanya, heheheheee).

    2. Pertama kali nebak novel ini genrenya ntu fantasy dengan unsur romance dan terkesan misterius banget. Kalau fantasy jelas berhubungan dengan maneken as human, romance (kisah-kasih antara kedua maneken), misteri (aku penasaran sama konflik yang terjadi pada Sophie, mengapa manekennya harus dijadikan pelampiasan? Apa salah mereka?).

    3. Penerbit Buku Republika, aku sama sekali belum pernah membaca salah satu karya dari penerbit satu ini karena memang biasanya penerbit yang lebih dulu berkecimpung di dunia literasi dan sudah terkenal lebih dominan. Idenya yang mainstream dan belum banyak yang berani mengambil ide maneken as human patut diacungi jempol. Yah … Berbeda itu asyikkk lhoooo. Apalagi covernya ntu kayak buku dongeng.

    4. Aku ini pecinta genre apa saja tapi paling aku jatuh cinta sama genre horror, thriller dan mystery kurang begitu suka pada genre fantasy. Setelah membaca review kakak-kakak blogger tentang novel ini, aku tertarik karena masih batas sewajarnya. Jadi, masih dapat dinikmati oleh ku dan readers lainnya yang ingin mengulik novel bergenre fantasy.

    Thank you kak reviewnya 🙂

  21. anandanftrn says:

    Nama: Ananda Nur Fitriani
    Akun twitter: @anandanf07
    Link share: https://twitter.com/anandanf07/status/677265224030818305

    izin ikutan giveaway nya ya kak ^^ ingin baca buku ini karena:

    M: Menarik tampilannya! Covernya lucu dengan gambar dan warna yang serasi. Sangat eye catching dan menggugah hati ^^
    A: Asli ceritanya unik! Tentang sepasang maneken yang saling jatuh cinta. Wah, bagaimana itu jadinya? Ingin mampu menyelami perasaan maneken tersebut! Apakah persoalan cintanya lebih sulit daripada yang dirasakan manusia? xD
    N: Nah, ada blogtournya tuh! Pendapat para bloggernya bagus-bagus. Pesertanya juga excited banget! Jadi makin ingin baca buku ini >.<
    E: Eh, ternyata aku belum beruntung di 2 pemberhentian sebelumnya! Duh, kenapa sulit banget sih, mendapatkan kamu, Maneken? 😦
    K: Keren juga trailernya! Kisah cinta 2 maneken, duh, aku yang manusia saja susah dapetin doi, apalagi kalau aku jadi maneken ya?
    E: Entah kenapa buku ini cocok untukku! Sudah lelah dengan kisah cinta manusia (apalagi kisah cintaku sendiri yang dari dulu ga berbalas), sepertinya novel Maneken ini akan menjadi angin segar untukku ^^
    N: Novel ini nice bangetlah secara keseluruhan! Penasaran juga dengan karya kak SJ. Munkian ini. Unik, menarik, keren! \^o^/

    Thankyou for the giveaway, kak Dhani 😀

  22. triyusufciduk says:

    Tri Indah Permatasari
    @LiebeIs0503
    https://mobile.twitter.com/LiebeIs0503/status/677276476027236353?p=v

    Kenapa aku ingin novel maneken? Ah, jujur ini novel yang sangat menggugah hatiku. Awalnya kupikir novel ini bercerita tentang kehidupan seorang pembuat maneken, tapi ternyata semua berbeda jauh dari pemikiranku.

    Sebuah novel yang mengangkat cerita mengenai perasaan sebuah maneken, bagaimana mereka ingin dianggap ada, bahkan ingin memiliki seorang pasangan juga. Sesuatu yang baru dan sangat menarik untukku! Pas baca review ini, ketika Claudi dan Fereli mulai merasakan cinta satu sama lain saat itu konflik dimulai. Dan saat itupun aku mulai menangis, haha entah kenapa? Padahal di otakku aku sedang membayangkan MV Girl Generation Gee dimana Maneken yang hidup dan jatuh cinta pada pemilik tokonya. Terlebih ketika menonton videonya. Keren! Makin nangis pas tiba-tiba ngeliat mata manekennya terbuka. Aku benar-benar menginginkan novel ini. Izinkan aku memilikinya, kumohon!!

  23. rywei says:

    Nama: Tri Wahyuni
    Twitter: @tewtri
    Link Share: https://mobile.twitter.com/tewtri/status/677367808531935233

    Maneken. Beberapa kali saya sempat membayangkan andaikan mereka hidup, kehidupan macam apa yang mereka punya? Hampir semua maneken perfect secara visualisasi, barbie-able deh pokoknya. Lalu mereka punya perasaan. Jatuh cinta. Sesuatu hal yang bagi saya sendiri menarik rasa ingin tahu. Mereka hidup di satu lingkup yang itu-itu saja, bagaimana kah kiranya jalan cinta mereka? Bagaimana cara mereka berpacaran? Penasaran sekali. Terlebih Fereli dengan logat Prancisnya ini juga tentu kece. Saya tidak punya alasan terbaik kecuali memang buku ini beda dari yang lain. Asik untuk dibaca.

  24. n0v4ip says:

    Nama : Nova Indah Putri Lubis
    Twitter : @n0v4ip
    Link Share :https://twitter.com/n0v4ip/status/677457695889223682

    Alasan saya ingin baca novel ini karena tema yang diangkat gak biasa dan beda dari yang lain. Dulu saya pernah nonton sinetron yang judulnya Boneka Poppy yang tokoh utamanya yg seorang manusia suka sama boneka yang namanya Poppy yg klo mereka cuma berdua, si Poppy ini bisa hidup. Nah, sekarang saya nemu novel yang tokok utamanya dua2 nya benda mati yang punya perasaan dan dari reviewnya saya menebak mereka dipisahin sophie krn keegoisannya ya… 😥
    Jadi alasan saya ingin buku ini selain karena temanya yg beda, saya juga ingin merasakan menjadi maneken dan melihat dunia dari sudut pandang merek… :’)

    Terima kasih ^^

  25. rosyidasalsabila says:

    Nama: Rosyida Salsabila
    Twitter: @Penulis24
    Link share: https://mobile.twitter.com/Penulis24/status/677456019295891456

    Kalau ditanya kenapa saya ingin buku ini. Bassicly, I really like reading. Dan buku ini sepertinya dapat memberi sensasi baru untuk daftar buku bacaan saya. Bila saya biasa membaca buku tentang kisah cinta dua anak cucu adam, maka kali ini buku yang ditulis oleh SJ. Munkian ini, menawarkan tema unik yang mengusik rasa penasaran saya. Tentang sebuah kisah cinta yang secara harfiah dialami oleh sebuah benda mati, namun ternyata memiliki perasaan layaknya makhluk bernyawa. Novel ini, tentunya juga akan mengingatkan kita pada sebuah kata bijak Albert Einstein yakni, “Logika hanya akan membawamu dari a ke b, sedangkan imajinasi mampu membawamu kemanapun tak terbatas a ke b atau b ke c.”
    Kenapa novel ini mengingatkan saya dengan kata bijak tersebut? Sebab novel ini setidaknya akan mampu merayu pembacanya untuj sejenak melupakan dunia yang terlampau serius ini dan membiarkan dirinya bermain-main dengan imajinasinya. Hati saya akan sangat bahagia, bila saya diberi kesempatan untuk membaca buku ini. Semoga Tuhan menghendaki .Amin.

  26. xxmyu12 says:

    nama : Daisy Ayu
    akun twitter : @daisy_skys
    link share :

    ” Kenapa kalian ingin buku ini? ”

    jujur dari semua pertanyaan GA , menurutku ini yang tersulit . Karena terlalu banyak jawaban yang bermunculan di kepalaku .

    1.) Setelah membaca review kakak , aku terpikat dengan Quotes – quotes yang terselip . Aku pikir buku ini harus masuk list to buy-ku . Di awal ketika aku baca judul buku ini ” Maneken “. Aku udah punya gambaran .Si Maneken bakal jatuh cinta sama manusia lalu dia ingin jadi manusia untuk mengejar pujaannya . Eh ternyata bukan . Ya ampun buku ini bikin penasaran dan susah banget ditebak . Sekalian kenalan sama pengarangnya .Aku juga belum pernah baca buku kak SJ Munakin.
    Aku penasaran bagaimana ia menceritakan tentang kehidupan manusia dari sudut pandang benda mati . Terus seperti apa jadinya kalau maneken (benda mati )saling jatuh cinta . Umumnya robot dengan manusia , maneken dengan manusia , rubah dengan manusia etc lah ya . Intinya ini beda dari yang lain .

    Btw aku juga jarang baca fantasy lokal . Tapi buat yang ini aku mah semangat bacanya .

    2 .) Sebagai book lover . Aku nggak akan bisa nolak kalau dikasih buku apalagi gretongan . Terlalu sombong rasanya kalau bilang aku nggak mau buku ini. kurang lebihnya kaya ibu – ibu liat diskon gila – gilaan di supermarket . Selain itu ada perasaan beda dapet buku dari GA . “Ini dari menang GA loh ” rasanya tuh lebih sayang buku menang GA dari pada beli sendiri . Apalagi kalau dari pengarangnya /penerbitnya langsung , Aku jadi nggak rela dan nggak tega kalau dipinjem . ” Ati – ati bawa anak gue , jangan dilipet , dikotorin ,ataupun diilerin ” . over protective gitu
    .Dan pastinya dapet tempat khusus karena ada perjuangannya 😇😇

  27. rinspiration95 says:

    Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta

    Daya tarik utama dari novel ini karena memang tokohnya dibuat seolah-olah hidup dan merasakan apa yang dirasakan oleh manusia. Tentu ini hal yang penuh tantangan bagi penulis, yang utama adalah tentang respon pembaca.
    Nah, aku ingin membuktikan, apakah aku bisa menikmati buku ini meski dari awal aku udah tahu bahwa tokoh ini ‘unik’??

Leave a Reply

