Gone With The Wind – Lalu Bersama Angin

gone with the wind

Gone With The Wind

By Margaret Mitchell

Copyright © 1936 by The Macmillan Company

All right reserved

Lalu Bersama Angin

Alih bahasa: Susanty Lesmana

PT Gramedia Pustaka Utama

Cetakan kedua: Juni 2009

1124 hlm, 23 cm

Sungguh tak baik jika seorang wanita mengalami suatu hal yang sangat buruk, sebab sudah mengalami kejadian tersebut, dia tak dapat merasa takut lagi akan apapun. Padahal wanita seharusnya mempunyai rasa takut, setidaknya terhadap sesuatu. Kau harus punya sesutau yang ditakuti, seperti halnya kau punya sesuatu untuk dicintai – hlm 496

Tetapi, ini tidak berlaku untuk Scarlet O’Hara, dia adalah gadis tangguh, ceria, cantik, disukai oleh hampir seluruh pria dan sangat keras kepala! Dia sangat mencintai Ashley, kawan kecilnya. Tetapi Ashley tidak pernah menampakkan rasa cinta kepadanya. Bahkan dia malah menikah dengan Melanie, perempuan yang sama sekali berbeda jauh dengannya.

Melanie dipikiran Scarlet adalah perempuan yang tak punya rasa malu atau pikiran sehat untuk menjahitkan kain-kainan di bawah bajunya, atau menambahkan busa di bagian belakang korsetnya. Tetapi matanya adalah mata seorang wanita yang bahagia, wnita yang walau diempas badai, tetap menyiman kedamaian di dalam hati, tidak seperti matanya yang seperti mata kucing yang kelaparan – hlm 798

Karena masih muda, Scarlet akhirnya menikah dengan kakak Melanie demi membuat Ashley cemburu, dan tentu tidak berhasil, malah membuatnya memiliki anak dan menjadi janda, karena suamnya dan laki-laki pergi berperang saat itu. Meski Scarlet telah memiliki anak, dia tetap mencintai Ashley, dibenaknya hanya ada Ashley! Setelah menjanda, dia tetap menjadi perempuan pemberontak yang tetap ingin pergi berpesta seperti anak gadis. Dan tentu perbuatannya ini membuat dia tidak disukai oleh semua jenis kaum wanita.

Tiba-tiba datang seoran lelaki yang terkenal akan reputasinya yang sangat jelek, Rhett Butler. Dia mencoba mendekati Scarlet, pikirnya perempuan itu sifat dan sikapnya sama sepertinya.

Aku bukannya berbaik hati. Aku menggodamu dengan memberikan topi-topi dan gelang-gelang, sambil menggiringmu ke dalam jurang. Ingat, aku tak pernah melakukan apapun tanpa alasan, dan aku tak pernah memberikan apapun tanpa menuntun sesuatu sebagai balasan. Aku selalu memperoleh penggantian – Rhett (hlm 277)

Dari situlah apapun yang terjadi dengan Scarlet, Rhet selalu terlibat. Banyak cobaan yang kemudian di hadapi Scarlet, dan Melanie selalu ada. Membuat Scarlet akhirnya menyadari bahwa dia sebenarnya membutuhkan Melanie dan menyayangiya.

Dibalik sikap keras kepalanya, dibalk cintanya yang menggebu-gebu terhadap Ashley, sikap cueknya terhadap Rhett dan Melanie, apakah yang terjadi pada hidup Scarlet?

***

Satu kalimat, SAYA GALAU!

Iya, saya galau saat selesai membaca buku ini. Teman-teman yang lain sudah mewanti-wanti, bakalan galau kalau baca buku ini, tapi tetap tidak sah kalau belum baca. Dan yep, omongan mereka terbukti benar adanya.

Buku ini adalah buku bagus, kenapa, karena saya mencoba menhabiskannya dalam setahun sambil baca buku yang lain tetapi saya tidak pernah bisa lupa adegan sebelumnya. Tidak seperti buku-buku lain, saya harus mengulangnya kembali setelah lama meninggalkannya. Hahaha, duh kalimatnya. Yah, akhirnya saya berhasil menyelesaikan buku ini.

Kamu harus baca!

Setelah membaca ini, kamu bakal bisa lebih menghargai apa yang kamu punya, khusunya apa yang kamu cintai. Banyak pembelajaran tentang hidup di dalamnya.

Dan awas, buku ini menyebabkan kegalauan!

Dan oh, saya sangat menyukai Rhett, laki-laki yang nakal tetapi setia dan ternyata berhati lembut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s