Kamu Setidaknya Berhenti Malas Membaca Buku Setelah Baca Ini!

Kamu setidaknya berhenti malas membaca buku setelah baca ini!

Judulnya ala-ala artikel kekinian, semoga kamu merasa terintimidasi sedikit saja dan mengabulkan harapan saya pada judul di atas. Haha.

Pertama-tama, saya bakal cerita sedikit tentang pengalaman pribadi soal membaca. Saya mulai kenal membaca ketika masih sangat kecil, ibu saya mengajar saya membaca menggunakan Koran karena Bapak langganan dan majalah Wanita Indonesia yang sering dibaca Ibu! Alhasil saya pandai membaca sebelum masuk Taman Kanak-Kanak.

Kakek saya yang seorang Kepala Sekolah. Waktu itu sering sekali membawakan pulang buku-buku cerita dari sekolahnya, dan itu membuat saya semakin suka membaca. Belum lagi tante saya juga gemar membaca, dia selalu membelikan saya buku. Betapa beruntungnya saya dikelilingi orang-orang yang gemar membaca.

Sampai ketika saya memasuki SMP, saya bertekad untuk membeli buku dari uang saya sendiri. Saya menabung uang jajan, dan taraaaaaa saya berhasil membeli satu buah buku bergenre Teenlit. Buku itu masih ada sampai sekarang, itu menjadi semacam benda pusaka bagi saya dan penyemangat saya. Ini bisa dibilang lebay, tapi itu pencapaian luar biasa anak SMP yang doyan membaca, berhasil membeli buku dengan uang sendiri. Waktu itu tahun 2003, dan saya harus ke Makassar yang ditempuh dengan waktu lima jam dari kampung saya karena di kampung saya tidak ada toko buku dan saya harus menunggu libur panjang dulu! Kamu setuju ini pencapaian, kan? Haha.

Setelah kuliah, saya akhirnya menemukan teman yang seiya sekata soal membaca buku. Saya masuk ke Klub Buku Indonesia dan aktif di cabang yaitu Klub Buku Makassar. Saya juga menemukan teman-teman yang cerdas kemudian membentuk klub membaca bernama AMMACAKI yang berarti AYO MEMBACA, kami akan mendapatkan hadiah berupa buku yang diinginkan ketika berhasil membaca dan mereview buku lebih banyak daripada peserta lainnya.

1897911_10152306818269903_2144567608_n1

Kegiatan Klub Buku Ammacaki – yang saya lagi jadi pemenang haha –

Dan ini kegiatan Klub Buku Makassar:

Setelah banyak mereview buku, saya akhirnya memutuskan untuk membuat sebuah blog buku dan bergabung dengan Blogger Buku Indonesia dan mendapatkan banyak manfaat. Akhirnya banyak tawaran dari penerbit dan penulis untuk mengadakan kerja sama di blog dengan sistem blogtour dan giveaway untuk mempromosikan bukunya. Dapat buku gratis, teman baru yang se-passion, followers dan rating blog meningkat, lalu apa lagi yang membuat saya harus malas membaca? Kamu juga harus mulai dari sekarang!

PhotoGrid_1451357167592

Tawaran kerja sama bersama penulis,ย  penerbit dan bloger lainnya selama 2015

Dan, saya juga anggota dari Penerbit Buku Perempuan yang bernama Stiletto Book Lho, namanya Stiletto Book Club. Banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan, mulai dari diskon buku, ikut arisan buku, diskon ketika kamu ulang tahun, dan masih banyak lagi. Ayok, kamu daftar juga di sini. Saya masih ingat, buku dari Stiletto Book yang pertama kali saya baca adalah Girl Talk.

Stiletto Book Club

Kamu masih malas baca buku? Kenapa?

Yah, kadang diperlukan budget khusus jika ada buku inceran, dan saya biasanya menghabiskan beberapa ratus ribu untuk memenuhi keinginan saya. Tapi, bahkan ketika saya lagi tidak punya uang untuk beli buku, masih ada cara lain untuk tetap bisa memiliki buku. Yang kamu perlukan hanya memikirkan jawaban yang oke dan rajin cari tahu. Kalau kamu ikut beberapa komunitas atau Club Buku, tidak jadi masalah karena banyak info. Apa coba? Yep, ikutan giveaway, hihi. Memang ini untung-untungan tetapi semakin rajin ikutan semakin besar kesempatan menang dan ini juga cuma modal media sosial dan internet tentunya.

Masih malas?

Membaca buku bisa membuat kamu tidak bokek lho. Membaca buku itu, bisa sambil menyelam minum air, bukan menyelam sambil baca buku yah, rusak dong. Haha. Sekarang ini banyak event Reading Chalenge, kamu bisa mengikuti beberapa diantaranya dan pastinya ada banyak hadiah. Kamu hanya perlu mereview buku yang kamu baca dan menyetor ke penyelenggara Reading Chalenge. Lagian, tidak ada syarat khusus mereview, jadi gampang, kan?

PhotoGrid_1452564374870

Beberapa banner Reading Chalenge yang berhadiah banyak buku

Jadi, nggak mau malas baca buku lagi kan? Dunia baca membaca itu luas sekali dan sangat menyenangkan. Book Addict is the New Sexy, setuju sekali. Dari apa yang selama ini dikatakan bahwa pecinta buku atau kutu buku itu culun, nerd, sampai nggak asik itu terbantah. Teman-teman pecinta buku saya semuanya keren-keren dan cerdas, asik deh pokoknya. Dan, bukan soal buku saja kok yang diabahas setiap kopdar walau semua dikait-kaitkan dengan tokohnya sih, apa lagi cowok. Haha.

Yah, masih malas karena berpikir nggak ada waktu?

Kalau bepergian, jangan lupa bawa satu buku di tas, buku itu teman paling diam yang paling asik. Kalau kamu menunggu bis lewat atau tukang ojek atau gebetan kamu yang biasanya tidak terduga kedatangannya kayak nunggu jodoh *ehh kamu bisa mulai membaca. Membaca itu pengusir bosan, kamu tidak akan pernah merasa sendiri dalam menunggu *tsaelaah.

IMG20160112110609-02

Kamu disuruh Mama nungguin pakaian yang terputar di mesin cuci dan merasa bosan? Yah disela-sela beberapa menit mesin itu terputar kamu bisa menggunakannya dengan membaca, biasanya sih saya lima belas menit bisa 3-5 lembar. Jadi, sebenarnya ada kok waktu, kita cuma harus punya niat dulu.

Yuk gabung jadi anak yang gemar baca!

Karena cewek cantik itu, bukan bedaknya saja yang tebal tetapi juga bukunya!

IMG_20160112_101827

ย Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Ulang Tahun Kelima Stiletto Book

stiletto

Nur Ramadhani Anwar

@DhaniRamadhani (Twitter)

@Dhanidii (Instagram)

Dhani Ramadhani (Facebook)

dhanianwar.ramadhani2@gmail.com

2 thoughts on “Kamu Setidaknya Berhenti Malas Membaca Buku Setelah Baca Ini!

Leave a Reply

