Tales From The Perilous Realm

IMG20151226142941-01

Tales From The Perilous Realm

by J.R.R. Tolkien

Illustrations and Afterword © Alan Lee 2008

All rights reserved

Kisah-Kisah dari Negeri Penuh Bahaya

oleh J.R.R. Tolkien

Alih bahasa: Poppy D. Chusfani

Desain dan Ilustrasi sampul: Martin Dima

Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama

464 hlm; 20 cm

Roverandum, si anjing kecil, ditenung menjadi anjing mainan dan menjelajahi dunia yang penuh makhluk aneh menakjubkan; Petani Giles dari Ham, yang gendut dan penakut, dipanggil untuk berperang melawan naga Chrysophylax; Tom Bombadil dalam petualangan-petualangannya bertemu dengan troll, kurcaci dan para pangeran; Pandai Besi dari Wootton Major masuk ke dunia Faery melalui bahan-bahan ajaib untuk membuat kue raksasa; dan Niggle si pelukis berusaha menyelesaikan lukisan pohonnya yang sempurna.

Di dalamnya berisi lima cerita pendek (yang panjang) hehe. Judul-judulnya Roverandum, Petani Penakluk Naga, Petualangan Tom Bombadil, Pandai Besi dari Wootton Major dan Daun Karya Niggle.

Dengan melihat nama pengarang dan judulnya tentu saja, ini adalah cerita-cerita fanstasy. Tapi baru kali ini saya merasa bosan membaca karya Tolkien, terutama judul yang perta 😥 entahlah ceritanya bertele-tele menurut saya. Seekor anjing yang kemudian dikutuk menjadi mainan dan bertemu beberapa makhluk lalu tiba di bulan dan memulai petualangannya lagi.

Saya suka Petani Penakluk Naga yang bercerita tentang petani biasa, yang kemudian ditantang untuk melawan naga yang kembali meresahkan penduduk, naga yang merusak-rusak ladang warga termasuk ladangnya. Para kesatria bahkan takut menghadapi sang naga, tetapi si Petani dengan otaknya yang cemerlang pun pergi melawan sang naga.

Apakah kau harus ke istana dulu dan diber gelar kesatria sebelum membunuh naga? Hanya dibutuhkan keberanian. Tidak diragukan lagi keberaniannya sama besat dengan kesatria mana pun – hlm 157

Saya juga suka yang Pandai Besi dari Wootton Major. Hanya karena diundang ke pesta perjamuan yang diadakan 24 tahun sekali dan mencicipi kue kebesaran, dia mampu berpetualang ke negeri peri. Bertemu banyak makhluk di sana dan menikmati keindahannya sampai dia dewasa bahkan memiliki anak.

Yang menambah daya tarik buku ini (bagi kalian pecinta fantasy dan para peri) adalah di bagian akhir terdapat lampiran penjelasan-penjelasan mengenai peri dan lumayan banyak. Nilai tambah lagi karena ada ilustrasi-ilustrasi di dalamnya.

 ***

ss2015

Tebak Santa

Fiuuuh sampai kita di bagian tebak Secret Santa dan jujur saya sama sekali tidak ada bayangan siapa Santa saya setelah dua tahun berturut-turut mampu menjawab dengan benar. Hiks. Kali ini saya sangat ragu!

Tapi, terima kasih banyak Santa sudah menghadiahkan buku ini dan kartu posnya, tahu banget saya suka kumpulin kartu pos.

Baiklah, dengan segala keragu-raguan, saya akan menjawab riddle yang sangat kece di bawah ini.

IMG20151227094344

Jawabannya LADY karena pasangan dari Lady adalah Gentleman dan dia sekelas dengan Queen dan Princess. Mengarah ke hint nya, saya langsung kepikiran ke Afifah Mazaya karena dia punya blog yang bernama The Lady Books.

Kau kah itu?

15 thoughts on “Tales From The Perilous Realm

  1. sasti15 says:

    Bukunya sama 😀
    Aku suka dengan cerita kisah Roverandom, Petani Penakluk Naga, Pandai Besi dari Wooton Major dan Petualangan Tom Bombadil. Ke empat ceritanya baguuus.
    Tapi, memang kata pengantar dan lampirannya emang panjang

  2. Anggun P Wardhani (@anggunpw) says:

    Haloo Dhani, salam kenal aku Anggun!
    Hiks…aku sedih karena riddle ku gak tertebak.

    Hmm…perlu aku jelasin gak nih riddle ku itu?

    Hint : it belongs to me but other use more than I am,
    Kalau diterjemahkan berarti “itu adalah milikku, tapi orang lebih sering menggunakannya dari aku sendiri”.

    Nah, coba deh ditebak kira2 apa yg kita punya tapi org lain lebih sering menggunakannya dibanding kita sendiri? Yap, jawabannya adalah “nama”.
    Jadi clue dari riddle ku ini adalah kamu harus nebak siapa nama ku sebenarnya.

    Selanjutnya, konten riddle ku itu mengacu ke namaku.

    Nah, sebenarnya ada clue tambahan lagi diriddle ku itu,
    Yap aku bilang “I am an adjective”
    Jadi nama ku merupakan kata sifat,
    Nama ku “Anggun”, both in english (red: elegant) and indonesia termasuk ke kata sifat.
    Coba deh di baca lagi riddle ku itu, terasa memang mengacu ke kata “Anggun”, kan? 🙂

    Sekali lagi salam kenal Dhani, semoga suatu saat bisa bertemu langsung 😉
    Jangan lupa mampir ke blog ku juga ya >.<

    • dhaniramadhani says:

      Halo mbak Anggun.
      Aku malah ke nama blog, bukan nama sebenarnya hihi. Maafkan gak bisa nebak.

      Amin amin semoga bisa ketemu. Makasih sekali lagi buku dan postcardnya mbak. Nama kita ada unsur yang sama yaah hihi

      • Anggun P Wardhani (@anggunpw) says:

        Iya nih, nama kita rada mirip, wishlist buku nya pun ada yang sama, sepertinya kita destiny dhan 😉 wakakakak

        Btw, dari wishlist SS kemarin, aku udh baca fangirl & weird things customers bla bla bla lho, semoga kamu berjodoh dapetin buku itu ya, habis itu kita bisa ngobrol ngobrol cantik~~~ hehe

Leave a Reply

