Attachments

IMG20160110171642-01

Attachments

Copyright © 2011 by Rainbow Rowell

All rights reserved

Penerjemah: Airien Kusumawardani

Penyunting: Novianita

Proofreader: Yuli Yono

Design Cover: Chyntia Yanetha

Penerbit Spring

Cetakan pertama, Desember 2015

436 hlm; 20 cm

Lincoln masih belum percaya bahwa pekerjaannya sekarang adalah membaca E-mail orang lain. Saat ia melamar pekerjaan sebagai petugas keamanan Internet, pemuda itu mengira ia akan membangun firewall dan melawan hacker, bukannya member peringatan pada karyawan yang mengirim E-mail berisi lelucon jorok seperti sekarang.

Beth dan Jennifer tahu bahwa ada seseorang di kantor yang monitor E-mail mereka. Hal itu adalah kebijakan kantor. Namun, mereka tidak menganggapnya serius. Mereka bertukar E-mail tentang hal-hal paling pribadi.

Saat Lincoln menemukan E-mail Beth dan Jennifer, pemuda itu tahu ia harus melaporkan mereka berdua. Namun ia tidak bisa, E-mail mereka terlalu menarik untuk dilewatkan.

Hanya saja, saat Lincoln sadar ia mulai jatuh hati pada salah satunya, sudah terlalu terlambat untuk memulai perkenalan.

Lagi pula, apa yang bisa ia katakan?

Aku tetap tidak suka kau haruus membaca surat-surat orang lain, terutama di malam hari, di sebuah gedung kosong. Hal itu seharusnya tidak dijadikan perkerjaan – hlm 8

Pekerjaan Lincoln adalah sebagai pejaga keamanan computer, dimana dia harus mengamati para pekerja di tempatnya bekerja, bekerja dengan patuh, tidak bergosip atau malah main game dan internetan. Lincoln juga mengoreksi email-email pekerja apakah ada kata-kata jorok di dalamnya. Tapi, tapi dia menjadi senang membaca E-mail dari dua sahabat di kantor itu yang terus-terusan membahas masalah pribadi mereka.

E-mail Beth dan Jennifer berisi tentang kehidupan sehari-hari mereka, mulai dari kisah Beth dengan kekasihnya yang super cuek dan juga Jennifer yang tidak ingin memiliki bayi tetapi akhirnya mengandung, suami Jennifer yang sangat baik dan Lincoln menikmati semua itu. Bukan hanya menikmati, Lincoln jatuh cinta kepada Beth. Di malam-malam hari saat pekerja-pekerja sudah pulang, Lincoln diam-diam mencari meja Beth.

Cinta. Tujuan. Semua itu adalah hal-hal yang tidak bisa kau rencanakan. Semua itu terjadi begitu saja. Dan bagaimana jika semua tidak pernah terjadi? Apa kau akan menghabiskan sisa hidupmu mendambakannya? Menunggu untuk bisa merasa bahagia? – hlm 124

Tanpa disadari Lincoln, Beth juga ternyata menyukainya diam-diam. Mereka pernah bertemu dan Beth kemudian menjuluki Lincoln sebagai Cowok Manisku. Tentu saja Beth dan Jennifer bertukar cerita mengenai itu di E-mail, Lincoln yang kemudian merasa bahwa itu dirinya kemudian dilemma, karena Beth punya kekasih. Dan tiba-tiba Sam, mantan kekasih Lincoln – yang membuatnya sulit mencintai gadis lain – muncul. Mereka dulunya putus karena Sam berselingkuh.

Cinta pertama selalu berakhir. Semua cinta pertama selalu berakhir. Tidak ada yang menikah dengan cinta pertama mereka. Cinta pertama hanya sebatas itu. Yang pertama. Itu artinya akan ada yang lain setelah itu – hlm 190

Lalu, apakah yang akan terjadi kepada Beth dan Lincoln? Apakah mereka akhirnya bertemu dan jatuh cinta secara nyata?

***

Jatuh cinta dengan seseorang karena siapa dirinya, apa yang dikatakannya, dan apa yang diyakininya. Itu sebenarnya jauh lebih romantis – hlm 239

Yah, kisah Lincoln masuk dalam jatuh cinta sebelum pandang pertama kepada Beth. Dan itu benar-benar romantis. Saya senyum-senyum sendiri membacanya. Buku ini sangat simple karena kebanyakan balas-balasan e-mail dari Beth dan Jennifer, tapi entah kenapa Rainbow Rowell mampu membuatnya menjadi sangat manis. Dan e-mail Beth ke Jennifer dan sebaliknya mengingatkan saya kepada sahabat saya, gaya persahabatan mereka natural sekali dan saya suka. Rainbow Rowell lagi-lagi mencuri hati saya.

Tapi, novel terjemahan ini nggak akan sampai manisnya kalau terjemahannya jelek, jadi terima kasih banyak kepada sang penerjemah. Bookmark dari Penerbit Spring juga lucu, suka.

Buku ini recommended banget deh!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s