Lost And Found: Hatiku jatuh ketika bertemu denganmu

img20161107070307-03

Lost anda Found

©Dy Lunaly

Penata letak sampul: Tim Desain Broccoli

Penata isi: Tim Desain Broccoli

Penerbit PT Grasindo

Cetakan pertama, Oktober 2016

ISBN: 9786023757077

Setiap benda akan patah. Termasuk hati.

Walau sudah delapan tahun berlalu, hati Illa masih patah dan jiwanya rusak. Sampai detik ini dia masih tidak memiliki kepercayaan diri untuk kembali berurusan dengan cinta. Bukan tanpa alasan, dia takut untuk kembali terluka, mental dan fisik.

Illa menjalani hidupnya dengan membuka toko bernama My Ex-Boyfriend di sudut jalan Braga. Toko yang menarik perhatian banyak orang karena tokonya khusus menjual barang pemberian dari mantan. My-Exboyfriend tidak pernah sepi membuat hidupnya cukup sibuk dan untuk sesaat dia berhasil melupakan sesuatu yang bernama cinta.

Mungkinkah hati yang tidak hanya sudah patah melainkan berderai mampu kembali utuh?

Mungkinkah rasa percaya yang sirna karena pengalaman buruk mampu kembali untuk percaya?

Pada akhirnya, akankah tragedi menghasilkan bahagia?

Illa Ahimsa, perempuan pemilik toko My Ex-Boyfriend masih memiliki trauma dengan masa lalunya. Masa lalu yang membuatnya bisa memiliki toko ini. Toko ini dibuka pada tahun 2011, dua tahun setelah Illa putus. Toko yang menjual barang dari pemberian mantan. Toko ini bermula ketika Illa yang lebih akrab dipanggil Teh Illa oleh staff tokonya memilih untuk melupakan mantannya dengan cara menjual barang pemberiannya. Walau tidak membuatnya seratus persen melupakan mantan yang membuatnya sulit membuka hati itu.

Teh Illa awalnya hanya memposting barang jualannya melalui blog. Tanpa disangka banyak yang merespon penjualan barang mantannya itu karena unik. Akhirnya banyak orang yang menitipkan barang-barang pemberian mantannya ke The Illa untuk dijual. Karena sudah banyak barang yang mampir ke rumahnya, dia memutuskan untuk menyewa sebuah toko di sudut jalan Braga, itulah toko My Ex-Boyfriend.

my-ex-boyfriend

Toko My Ex-Boyfriend *rasa-rasa pengen punya toko kayak gini*

Salah satu syarat untuk menitipkan barang ke My Ex-Boyfriend adalah barang ersebut disertai dengan sejarahnya. Jadi, sekalian bisa curhat ke Teh Illa dong. Hehe. Nuansa vintage dan girly yang dihadirkan oleh Teh Illa pada My Ex-Boyfriend ditambah dengan aroma terapi yang menguar di dalam membuat tokonya yang tidak biasa itu ramai dan membuat pengunjungnya merasa nyaman dan betah. Teh Illa juga me-retouch atau me- remake barang-barang yang masuk, jadi kondisinya benar-benar bagus dan lebih indah dan berbeda. Toko My Ex-Boyfriend memiliki dua lantai, lantai atas Teh Illa jadikan sebagai gudang yang merangkap sebagai tempat tinggalnya. Lebih tepat tempat pelariannya. Tempat pelariannya dari rasa sepi berada di rumahnya sendiri semenjak kehilangan kedua orangtuanya. Toko My Ex-boyfriend awalnya ingin dijadikan sebagai terapi buat masa lalunya, tetapi seiring berjalan waktu toko ini menjadi hidup Teh Illa dan memulai kehidupan cintanya.

Mama berharap kamu nggak trauma untuk mencintai orang lain. Cari orang yang tepat, orang yang bikin kamu lupa sama sakitnya, lupa sama resikonya yang harus kamu hadapi, ketika kamu ketemu sama orang itu, Mama mohon kamu jangan ragu untuk jatuh cinta dan memperjuangkannya – hlm 127

Sosok laki-laki yang memasuki toko  My Ex-boyfriend membuat hari-hari Teh Illa tidak sama lagi. Aromanya membuat Teh Illa mengingat Ayahnya yang sangat dirindukannya. Laki-laki yang mencari album foto itu membuatnya tidak karuan. Tanpa disangkanya, laki-laki yang kemudian diketahuinya bernama Pandu itu adalah pemikil kafe yang sering didatanginya.

Pernah, Teh Illa berkunjung ke kafe Pandu, dia belum memesan tetapi makanan yang disukainya telah sampai ke meja. Pandu hapal menu kesukaan Teh Illa. Dan belakangan lagi, dia baru menyadari bahwa Pandulah yang memasak itu untuknya. Terlalu banyak kejutan yang diberikan Pandu kepadanya, terutama keberaniannya membuka hati kepada lawan jenis. Sampai, Danang, laki-laki yang membuatnya trauma, laki-laki yang menjadi masa lalunya, datang. Pandu menghajar Danang habis-habisan begitu mendapati Danang kembali menyakiti The Illa. Teh Illa yang trauma karena kekerasan kembali syock melihat perkelahian tersebut. Dia pun takut kepada Pandu. Pikirannya liar, takut kalau ternayata Pandu memiliki kebiasaan yang sama dengan Danang yang melakukan kekerasan. Teh Illa pun menjahui Pandu. Dari sekian hari bersamanya, dari sekian kenangan yang merekalewati bersama, Illa ragu akan dirinya. Dia merindukan Pandu, tapi dia juga takut. Akankah Teh Illa membuka kembali hantinya?

Kamu tahu, mengingat kenangan yang membahagiakan jauh lebih sakit daripada mengingat kenangan buruk. Karena kita tahu kenagan bahagia itu nggak mungkin terulang – hlm 138

Lost and Found merupakan sequel dari antologi #CrazyLove Mantan dimana mbak Dy menjadi salah satu kontributornya. Saya senang ada Lost and Found, karena saya selalu penasaran bagaimana kelanjutan toko My Ex-Boyfriend yang unik itu, ditambah kisah-kisah dibaliknya. Pernah juga sempat kepikiran untuk membuat toko seperti itu, hihi. Dan lagi-lagi, tokoh cowok Mbak Dy selalu bikin gemes. Pandu jadi idola lagi nih!

Ada beberapa typo di novel ini, tapi menurutku itu diluar dari kepiawaian mbak Dy memporak-porandakan hati pembacanya lewat isi novelnya dan juga kisah dari tokoh-tokohnya. Sebanyak karya mbak Dy yang saya baca, saya selalu jatuh cinta kepada tokoh-tokohnya.

Apa yang saya temukan di Lost And Found?

Lost and Found memberikan pelajaran bahwa masa lalu itu memang hanya perlu dijadikan bahan pelajaran, mengajarkan bagaimana kita harus berdamai dengan diri sendiri dan tidak berlarut-larut di dalamnya. Karena ada begitu banyak hal indah yang menanti di depan. Bagi yang sudah membaca antologi #CrazyLove Mantan, kalian harus baca ini. Kalian harus tahu bagaimana perjuangan Teh Illa mengobati rasa traumanya. Dan… selamat bertemu Kang Pandu. Ada banyak kejutan dari Kang Pandu termasuk mengubah suasana My Ex-Boyfriend.

img-20161027-wa0005

 *NB: Jangan lupa weekend akan ada giveaway di akun instagram saya @Uddhani. Silakan berburu giveway \o/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s