The Bastard Legacy Blog Tour + Giveaway

BLOG TOUR “THE BASTARD LEGACY”

IMG_20150529_185020

The Bastard Legacy

Warisan Legendaris Para Bedebah

Penulis: Jounatan

Penyunting: Lis Sutinah

Penerbit Visimedia

Cetakan pertama, 2015

150 hlm

“Bagi orang baik atau berjasa, hal yang ditinggalkan akan berusaha tetap terjaga untuk dikenang sebagai warisan yang dapat menginspirasi generasi berikutnya. Namu, bagaimana dengan para penjahat?” – Jounatan

Pertanyaan yang penulis utarakan dijawab sendiri lewat tulisannya di buku ini. Lewat sepuluh cerita nyata kisah kriminal ini, penulis membuat kisah-kisah mengerikan ini jadi terkuak, awal atau sebab pelaku berbuat demikian, hukuman yang harus diterima, dan dari sisi lain tindak kejahatannya. Ternyata, bukan hanya orang-orang baik saja yang perlu dikenang dengan layak, para pelaku kejahatan sadis pun patut agar mengingatkan kita bahwa pernah ada peristiwa mengerikan di dunia ini dan membuat kita semakin berhati-hati juga semakin saling menghargai kehidupan antar sesama.

Sepuluh cerita nyata kriminal ini adalah cerita-cerita lama, ini bisa membangkitkan emosi orang-orang yang hidup di dalamnya dan membuat orang yang hidup setelahnya menjadi tahu.

  1. Warisannya Menjadi Kunci atas Teka-Teki

Jack The Ripper, julukan yang disandang oleh penjahat nomor satu di Inggris pada tahun 1888 dan kejahatannya baru terkuak setelah 126 tahun kedepan. Sasaran kejahatannya adalah para Pekerja Seks Komersial. Banyak sudah wanita-wanita menjadi korbannya, tetapi ada sebuah benda dari salah satu korbannya yang akhirnya mengungkapkan keberadaannya.

  1. Lukisan Gacy Paling Dicari

Gacy, si badut yang ramah kepada anak-anak adalah seorang pembunuh yang menyandang predikat pembunuh berantai paling banyak oleh Guiness Book of Record. Lah, kok? Iya, Gacy adalah pembunuh yang sangat biadap. Incarannya adalah anak-anak laki-laki, menguburnya di rumahnya dan melakukan pelecehan seksual. Wah, pasti hanya orang yang tidak waraslah yang bisa melakukan ini. Tapi, tapi kenapa bisa ada lukisan Gacy dan yang paling dicari?

  1. Delphine dan Rumah Warisannya yang Berhantu

Perempuan asal Amerika ini adalah janda yang menikah dengan Bandar budak menjadi janda kembali ketika para budak mendemo sang suami karena tidak diperlakukan dengan adil. Dia kemudian membenci para budak kulit hitam. Dendam kesumatnya kepada budak-budak kulit hitam membuat perempuan ini jadi keji. Apa sebenarnya yang dia perbuat di dalam rumahnya yang begitu megah?

  1. Misteri Eddy Tansil dan Jurus Seribu Wajah

Setelah membaca cerita ini, saya langsung bertanya ke orang tua saya apa mereka mengetahui cerita dan sosok Eddy Tansil, mereka menjawab apakah Eddy sudah ditemukan atau belum? Wah, berarti sosok Eddy Tansil ini memang benar-benar menggemparkan Indonesia. Ibu saya juga mengiyakan kalo Eddy punya jurus seribu wajah. Apa yang dilakukan Eddy pada Negara kita?

  1. Kusni Kadut Pejuang Kemerdekaan yang Terbuang

Bagaimana bisa seorang pejuang kemerdekaan tiba-tiba berubah menjadi sosok yang mengerikan dan ditakuti oleh penduduk di bangsanya sendiri? Seseorang yang malah menjajah segolongannya sendiri. Apa yang menyebabkan Kusni yang telah membela Negara malah membuat negaranya tidak aman lagi?

  1. Belle dan Tabir Misteri yang Diwariskannya

Nama Belle membuat saya langsung kepikiran akan tokoh dongeng kesukaan saya, Beauty and The Beast. Belle adalah sosok perempuan yang cantik, baik hati dan suka menolong. Tapi tidak dengan Belle, perempuan asal Amerika yang satu ini. Dia adalah perempuan keji yang malah membunuh anggota keluarganya sendiri demi sesuatu. Sesuatu apakah itu, yang membuat dia menjadi anak, istri, dan ibu yang keji?

  1. Rumah Jagal di jombang

Wah ini dulu paling sering disiarkan di televisi, si Ryan pelaku tindakan mutilasi dan seorang gay. Kebanyakan korbannya yah, pastinya adalah laki-laki. Tapi menurut tetangga-tetangganya, Ryan adalah sosok yang penyabar dan juga adalah guru mengaji. Lantas apa yang membuatnya menjadi bengis?

  1. Laki-laki Abu-abu dan Pusaran Kekejaman

Albert Fish, lebih dikenal dengan sebutan laki-laki abu-abu karena rambutnya dan kumisnya yang berwarna abu-abu. Ciri-ciri tersebut yag sering digunakan ketika memberikan keterangan dari saksi. Korbannya adalah anak laki-laki hingga remaja. Tapi suatu hari dia menculik seseorang yang lain dari korban biasanya dan malah menjadi kejahatannya yang terakhir.

  1. Saksi Bisu Ladang Tebu Berhantu

Suradji melantik dirinya sendiri menjadi dukun yang mampu membuat para perempuan lebih cantik dan percaya diri. Tapi setelah melakukan ritual tertentu. Perempuan-perempuan pun berdatangan ke tempatnya. Tapi ritual apa yang harus mereka lakukan? Apa hubungannya dengan lading tebu?

  1. Legenda si Cantik dan Kolam Darah

Putri bangsawan yang cantik dan haus darah. Kekejiannya membuat kastil tempat tinggalnya menjadi kastil terhoror di Eropa. Apa yang membuatnya begitu haus darah, padahal makanan begitu berlimpah di kastilnya, juga uang?

Wah, ada begitu banyak kejahatan memang di muka bumi ini. Seperti yang saya tulis, ini membuat kita jadi semakin tahu dan lebih berhati-hati lagi. Bagi yang menyukai cerita-cerita kriminal dan berhantu, buku ini asik. Cara menulis Jounatan juga bagus dengan teknik membuat kita menjadi penasaran di awal-awal cerita setiap judul.

IMG-20150601-WA0003[1]

Karena buku ini baru, maka mari kita merayakannya dengan berbagi. Bagi kamu-kamu yang mau buku ini, simak persyaratannya yah!

  1. Ikuti akun twitter @buku_visimedia dan sukai fanpage Penerbit Visi Media (wajib)
  2. Bagikan tautan giveaway ini via akun media sosial kamu dengan mention akun twitter atau facebook di atas dengan hastag #TheBastardLegacy , mention saya juga @DhaniRamadhani biar saya tahu juga.
  3. Setelah membaca buku ini, ada pertanyaan yang pengen saya tahu jawabannya dari kalian, “Kalau kalian adalah detektif atau disuruh menangani suatu kasus, apa usaha kalian untuk membuat pelakunya mengaku?”
  4. Jawab di kolom komentar disertai dengan data diri (nama, alamat, akun media sosial, link share)
  5. Giveaway ini berakhir pada tanggal 14 Juni 2015. Pemenang akan diumumkan pada tanggal 15 Juni 2015
  6. Akan ada satu pemenang dengan jawaban paling menarik.

Selamat berkreasi ^^

Advertisements

13 thoughts on “The Bastard Legacy Blog Tour + Giveaway

  1. Bintang P A says:

    Apabila saya menjadi detektif utk menangani suatu kasus, yg saya lakukan agar pelaku mengakui kesalhannya yang pertama adalah:
    1. Bilang kalau jujur itu indah. Mmg sih jwbn sy ini trkesan main2 atau mngada2. Namun, tdk ad yg slh kan? bhw mmg knyataannya, jujur itu mmbawa keindahan, nantinya.
    2. Menunjukkan brang bukti yg akurat. Baik itu barang atau video rekaman maupun yg lain. Yg bnar2 meyakinkan klo mmg dia yg melakukannya.
    3. Menghadirkan saksi. apabila dlm prbuatannya, ada sseorg yg mngetahui,org tsb bs djadikan saksi utk mengetahui kbenarannya.
    4. Diancam hukuman yg berat. Apabila sang pelaku tdk mngaku, kita bs mngancamnya. dlm arti mengancam hkuman yg brat apbila dia tdk mngaku. Pdhal sdh jelas bhw dia mmg brsalah.
    Sekian!

    Nama: Bintang Permata Alam
    Alamat: Dsn.Serenan, RT.09/RW.02, Ds/Kec.Pangkur, Ngawi, Jatim (63282).
    Twitter : @Bintang_Ach
    Link share: https://mobile.twitter.com/Bintang_Ach/status/608136961283342337?p=v

  2. Tasya Permata Sanjaya says:

    Nama : Tasya Permata Sanjaya
    Alamat : Klaten, Jawa Tengah
    Twitter : @tasyatasa_
    Link Share : https://twitter.com/tasyatasa_/status/608174714117234688

    Membujuk dia secara baik-baik agar dia mengaku (jgn membujuk dia dengan menggunakan cara kekerasan karena kalo dengan kekerasan kita akan sama saja dengan si pelaku yg selalu menggunakan kekerasan).
    Nah,kalo gk bisa dibujuk scr baik-baik kita harus ngerjain dia dengan cara memasukan belut ke badan nya dia biar geli nah kalo udah geli pasti ketawa kan capek tuh pasti dia ngaku. Selain itu dapet menggunakan ancaman ingat “ancaman” kita bisa mengancam dia kalo dia nggak mau ngaku kita ancam saja ,kalo kita akan suruh dia buat minum jus jengkol+pete+sambel . Jika ancaman ini gagal mau nggak mau kita benar-benar buatin jus jengkol+pete+sambel buat dia supaya dia ngaku. Kalo dia minta makan ya kita kasih jus nya saja biar dia ngaku . hahaha 😀 *eh .maaf jahat banget akuh.. . biasa kan kalo ada waktu luang aku selalu ngerjain orang tapi nggak sadis banget kok . cuma buat lucu-lucuan aja 😀

  3. Menulis Bukti Hidupku says:

    nama: ARIESKA ARIEF
    alamat: jalan sunu komp unhas blok e12 a, Makassar, sul-sel, 90213.
    akun media social: @MiyungArief
    link share: http://animanga-oushiza.blogspot.com/2015/06/blog-tour-bastard-legacy-7-juni.html

    Sejak kelas 2 SMP, aku selalu berangan-angan menjadi seorang detektif dengan menangani kasus-kasus kecil di kelasku waktu itu misalnya hilangnya sebuah raket di meja saat porseni, masalah nggak penting hehe. Itu semua karena bacaanku hanya komik “Detektif Conan” dan “Detektif Kindaichi”.
    Karena impian ingin jadi detektif saat kecil itu tak kesampaian, mending jadi penulis cerita detektif deh dan membaca kisah-kisah detektif kemudian menganalisisnya saking doyannya. Kalau aku menjadi seorang detektif agar pelakunya (yang benar-benar bersalah dan terbukti) mau mengaku, mula-mula aku akan kumpulkan dulu info latar belakangnya masa kecilnya itu seperti apa, mungkin dia punya trauma karena pelaku kejahatan biasanya punya masa kelam yang ingin dia lampiaskan pada yang lainnya, jadi korbannya hanya semacam pelampiasan karena dia juga dulunya mengalami kepahitan itu agar korbannya bisa merasakannya juga, jadi dia merasa ga hanya dia sendiri yang malang. Selanjutnya, aku akan kumpulkan bahan apa saja yang ditakuti pelaku misalnya kalau dia takut kegelapan masukin saja dia ke ruang hampa cahaya, sambil mengintrogasinya. Biasanya agar bisa keluar dari hal yang ditakutinya, pelakunya akan mengaku. Kalau masih tak bisa, aku akan panggilkan Mas Uya biar dihipnotis sekalian agar dia mengaku, hehe…

  4. Arif Muhammad says:

    Nama: Arif Muhammad
    Alamat: BTP blok G no. 124 Makassar
    Twitter: @areytw1
    Bikin seseorang ngaku bahwa dia yang melakukan kejahatan bukanlah pekerjaan mudah bahkan para detektif sering dapat pengakuan “tidak bersalah” padahal mereka sudah menggunakan teknik manipulasi psikologi. Contoh misalnya metode siksaan fisik pada tahun 1990-an di Amerika pernah diijinkan,tapi tahun 1950-an metode ini tidak diijinkan karena pengakuan dianggap “dibawah tekanan” setelah polisi dibagian misisipi Amerika menggantung tersangka dibawah pohon secara terbalik lalu dicambuk terus-menerus.
    Mengenai “dibawah tekanan” ada metode yang sebenarnya bukanlah hal yang aneh untuk membuat si pelaku mengakui kejahatannya bahkan metode ini pernah booming di pertelevisian kita, Yah… “Hipnotis”.
    Hipnotis merupakan sebuah metode untuk menanamkan informasi pikiran bawah sadar seseorang untuk kemudian dijadikan pemahaman, nilai ataupun tindakan.
    Jadi intinya saya akan menghipnotis si pelaku agar mengakui semua kejahatannya.

  5. Arfina Ipin says:

    Nama : Arfina
    Alamat : Puri Kartika banjarsari blok b14 no.8 Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten
    Link share : https://twitter.com/Champhuket/status/609340163311861760
    Twitter : @Champhuket

    Kalau aku bakal bikin 3 kali percobaan, pertama nanya biasa, kalau dia nggak mau jawab aku pindah ke cara 2 yaitu, sedikit maksa, kalau itu ngga bekerja juga aku paksa dia, kalau itu ngga bikin dia mengaku aku bakal bikin segelintir pertanyaan yang menjebak, siapa tau dia terperangkap dan aku dapat kebenaran. Atau mungkin, untuk type orang yang khusus, aku akan suruh Naruto untuk ceramahin *skip*

  6. Irma Bukie Luvie says:

    Nama: Irmawati
    Alamat: Bandar Lampung, Lampung
    Twitter: @irmaa_waati
    email: irmawati0337@gmail.com
    link share: https://mobile.twitter.com/irmaa_waati/status/609356214443638784?p=v

    Jawaban: Kalo aku seorang detektif yang lagi mengangani sebuah kasus, dan pelakunya susah buat ngaku, aku pake cara yang gokil aja deh ya, biar dia ngaku, hahaha xD. Aku bakalan KELITIKIN dia sampe dia gak tahan, kalo bisa sampe terkencing-kencing. #eh haha xD ih jorok banget ya kalo sampe gitu, bauu hiiyy, yaks. Wuek. Haha ya pokonya aku bakaan kelitikin aja dia, karena cara ini meskipun klise tapi efektif banget menurutku. Siapa sih orang yang bakal tahan kalo terus-terusan di kelitikin? Gak ada kan? Yakan? Ya, iya aja deh ya biar cepet, hihihi.

    Ya, menurutku sih acara kelitik-mengelitik ini cukup ampuh, tidak sadis kan ya? :D. Dan pelaku pasti deh ngaku, eits, tapi pas ngelitikinnya, pastiin ada orang juga ya yg bantuin kita buat jaga-jaga aja, atau si pelakunya di iket terus mulutnya di sumpel jangan lupa xD *astaga udah kaya beneran aja* xD okedeh gitu sih cara aku :).

  7. Musdalifah Putri says:

    Nama : Musdalifah Putri
    Alamat : Kp. Ciater 1 Kota Tangerang Selatan
    Akun media sosial (Twitter) : @MusdalifahYeaa
    Link share : https://twitter.com/MusdalifahYeaa/status/608434733312274432

    Kalau aku adalah seorang detektif atau diminta menangani suatu kasus, yang akan saya lakukan adalah menyelidiki tempat kejadian perkara & minta kejelasan orang disekitar. Sebagai contoh, tetangga lama saya di Tangerang yang tewas dengan digorok lehernya. Pertama tama, saya akan meminta kejelasan kepada yg pertama kali melihatnya namun sudah dlm kondisi tak bernyawa. Setelah itu, aku akan menanya kepada orang disekitarnya jika sebelum kejadian tersebut ada seseorang masuk ke rumahnya dan meminta kejelasan ciri-ciri orang itu & dibuat sketsa sesuai keterangan. Nah dari situ jika sudah ketauan siapa dalangnya, saya akan tanyai dia apa motif dari pembunuhan tersebut. Kalau dia gak ngaku, saya tanya konsultasi dengan baik-baik agar sang pelaku mengaku. Lalu saya ajak berbincang-bincang normal layaknya seorang teman yg sedang curhat/bercerita/mengobrol. Dengan cara tersebut mungkin pelaku akan mengaku walau tak sepenuhnya, namun dari situ sudah dapat sedikit kejelasan. Saya juga akan mencari tahu dirumahnya apakah ada barang bukti yg bisa dijadikan petunjuk untuk menyelidiki kasus lebih lanjut. Intinya, dengan cara apapun saya akan menyelidikinya secara perlahan, halus, namun menyakitkan (bukan dalam artian di siksa) agar pelaku mengaku. Ya, seperti dalam film Taken & Sherlock Holmes.

  8. thiamelia says:

    Nama: Thia Amelia
    Akun twitter: @Thia1498
    Alamat: Kp. Segog Rt03/03 Des. Cibening Kec. Pamijahan Kab. Bogor 16630
    Link share: https://twitter.com/Thia1498/status/609608353782718464?s=01

    “Kalau kalian adalah detektif atau disuruh menangani suatu kasus, apa usaha kalian untuk membuat pelakunya mengaku?”

    Sebelum membuat pelakunya mengaku, sebagai seorang detektif kiya WAJIB untuk mencari data-data plus barang bukti yang ada dengan selengkap-lengkapnya. Karena, ga mungkin juga kan kita memaksa si pelaku untuk mengaku sedangkan bukti pun ga ada di kita. Oke, selanjutnya, tangkap lah si pelaku ini. Dulu, waktu saya SMP, guru saya selalu mengajarkan bahwa, jika ada masalah, lebih baik kita bicarakan dulu dengan orang nya, jadi menurut aku, yg pertama kita lakukan adalah membuat si pelaku untuk berbicara. Aku juga yakin semua orang setuju bahwa dengan berbicara selain membawa kedamain juga pasti nya tidak akan ada bentrok kan? Sebagai seorang detektif juga, kita harus mempunyai kesabaran yang tinggi, terus berbicara pada si pelaku
    dengan baik-baik, sambil memberikan barang bukti yg ada. Saya pernah membaca sebuah cerita, dengan tema seperti ini juga, si detektif itu terus berbicara, memaksanya untuk mengaku, karena menurut cerita itu, seseorang akan merasa kesal apabila di desak terus menerus, sebaliknya, jika ia DIPAKSA untuk mengaku apalagi dengan cara yang kasar, justru si pelaku lebih memilih untuk bungkam. Jadi, menurut saya cara yg tepat untuk membuat si pelaku untuk mengaku adalah, mendesak nya, dengan semua barang bukti yang ada sampai ia merasa terpojok. Dan yang harus diperhatikan adalah jangan sampai memaksanya atau berbuat kasar padanya. Selain karena melanggar HAM, dia juga pasti semakin makas untuk berbicara. Sekian 😀

  9. inurhadi says:

    Usaha saya untuk membuat pelaku mengaku? (dengan asumsi sudah diketahui dengan jelas bahwa orang tersebut adalah pelakunya).
    1. Catat keterangan/alasan yang diberikan pelaku
    2. Cek alasan yang diberikan pelaku dengan keterangan saksi, bukti dan informasi lain yang ada. Cari inkonsistensi yang ada pada alasan yang diberikan pelaku.
    3. Tanya lagi pelaku perihal alasan yang ia kemukakan. Tanyakan sampai ke detil kecil dan buat pelaku bersumpah bahwa ia mengatakan yang sebenarnya, bahwa ia memegang teguh alasannya itu.
    4. Buka kartu. Lontarkan inkonsistensi yang didapat setelah mengecek dengan data/informasi yang ada.
    -> Langkah nomor 3 sebenarnya bertujuan untuk mengeliminasi jalan lain yang bisa diambil pelaku untuk berkilah, membuat si pelaku fokus pada satu dan hanya satu alasan dan secara tidak sadar membuatnya terjebak di dalam lubang kebohongannya sendiri
    -> Langkah nomor 4 adalah finishing, alasan yang dibuat pelaku telah dibongkar, kebohongannya telah diketahui dan tak ada jalain lain untuk berkilah. Dengan kata lain pelaku telah terkubur di dalam lubang kebohongannya sendiri.

  10. Ani Purditasari says:

    Nama: Ani Purditasari
    Alamat: Jln. Lintas Timur, Rt 02/Rw 01, Kel Rantau Badak, Kec Muara Papalik, Kab Tanjung Jabung Barat, Jambi. 36554
    Link Share: https://twitter.com/Anny_Tears/status/609909621684326400

    “Kalau kalian adalah detektif atau disuruh menangani suatu kasus, apa usaha kalian untuk membuat pelakunya mengaku?”

    Jawaban:

    Dari dulu memang aku sangat tertarik dengan cerita detektif, bahkan pernah bermimpi mau jadi detektif, tapi cuma kesampaian jadi detektif boongan yang mecahin kasus di dunia maya. :3

    Yang bakal aku lakuin agar pelakunya ngaku:

    1) Aku bakal cari informasi sebanyak-banyaknya tentang latar belakang dan kehidupan pelaku, bukti kejahatan, cari tau juga apakah ada saksi dalam kasus tersebut (kalau ada aku bakal introgasi juga tuh saksi, soalnya terkadang pelaku sering ngaku jadi saksi).

    2) Aku bakal nanya ke pelaku pertanyaan seputar kejadian tapi dari sudut pandang yang lain, pelaku jadi korban.
    Contoh: “kalau kamu jadi korban apa yang akan kamu lakukan untuk melawan/menyelamatkan diri?”. Kalau pelaku jawabnya detail, bisa diasumsikan dialah pelakunya karena setiap pelaku adalah penulis scenario sekaligus sutradara atas kejahatannya.

    Gitu ajah, sih. Aku ga ahli dalam nyiksa orang. :3

  11. Aya Murning says:

    Ada orang di dunia ini yang bertindak saat keadaan ekstrim, dan naif untuk berpikir kalau hal yang tak terlalu ekstrim akan menghentikan mereka. Kadang, keneranian saja tak cukup. Kadang, kita juga perlu tangguh. Apa pun akibatnya.
    Kalo aku jadi detektif, caraku membuat pelaku jadi mengakui perbuatannya atau memberitahukan rahasianya adalah dengan penyiksaan. Penyiksaan merupakan bagian dari introgasi. Bagi penjahat ulung misalnya seperti mafia yang ada di film action yang menaruh bom di berbagai sudut kota dan kita harus berpacu pada waktu sebelum bom itu meledak, kita harus segera mendapatkan info dari mereka sementara mereka tentu tidak akan mengaku dengan mudah di mana lokasi ia menempatkan bom itu.
    Kadang mereka yang diintrogasi merasa kalau sebuah penyiksaan hanyalah sebuah gertakan lalu mereka menakuti balik dengan berkata “kau tak akan berani melakukan hal (penyiksaan) itu padaku” tapi aku harus punya keberanian. Untuk menyelamatkan orang lain, aku akan menumbuhkan keberanianku. Yang dibutuhkan dalam hal ini adalah keyakinan dan orang-orang yang melakukan hal seperti ini punya keyakinan. Penyiksaan adalah bentuk seni dari introgasi. Sebuah keterampilan yang perlu dibangun. Kejam? Terserah. Aku tidak peduli dengan julukan apa pun itu selama nyawa orang lain bahkan orang banyak masih berada di tanganku. Jika kau berada di posisi dan kasus seperti itu, will you think even do the same way? 😎

    Nama: Aya Murning
    Alamat: Komplek Garuda Putra III Blok A-11 RT 21 RW 05 Kecamatan Sukarami Kelurahan Sukajaya, Palembang, 30151
    Twitter: @murniaya

  12. eryanti says:

    Nama : erYanti
    Alamat : Indramayu – Jawa barat
    Twitter : @erYanti_Yn
    Link share : https://mobile.twitter.com/erYanti_Yn/status/610000404609236993
    Jawaban : Jika saya menjadi detektif agar pelaku mengakui kejahatannya yaitu 1). Kumpulkan semua informasi terkait kasus tersebut, dari orang sekitar TKP, orang terdekat/yg mengenal korban, jika sudah ada tersangka selidiki/cari informasi ttg tersangaka dari orang2 yg mengenalnya 2). Kumpulan bukti-bukti 3). Apa hubungan pelaku dengan korban (sudah saling kenal atau tidak) 4).Cari tahu apa motif dari pelaku & teknik/cara si pelaku melakukan kejahatannya 5). Jika semua informasi & bukti sudah lengkap, interogasi tersangka dg pertanyaan2 yang yang jawabanya menjebak, tunjukkan bukti2 otentik pada pelaku, saat pelaku menyangkal dengan alibi2nya maka jelaskan trik si pelaku melakukan kejahatan tersebut & sebutkan motif/alasan pelaku melakukan kejahatan itu….. Biasanya klo dikomik detektif conan pelaku langsung mengakui kejahatannya setelah conan membongkar trik pelaku hehehe… 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s